Jumat, 11 November 2016

RPP KELAS V S.K 6


KATA PENGANTAR
                Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  kelompok 6. Kami berharap RPP ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Harapan kami agar pembaca memberikan kritik maupun saran yang bersifat membangun supaya kami dapat memperbaiki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk selanjutnya. Akhir kata kami ucapkan terima kasih,  mohon maaf atas segala kekurangan baik dari susunan kata yang tidak tepat dan susunan kalimat. Semoga RPP ini berguna sebagai bahan ajar, sumber belajar, dan sebagai tambahan pengetahuan.


                                                                                Muara Bulian,  September 2016


                                                                                      Penulis





DAFTAR ISI
Kata Pengantar........................................................................................................ i
Daftar isi.................................................................................................................. ii
Kompetensi Dasar 6.1............................................................................................. 1
Pertemuan 1........................................................................................................... 5
Pertemuan 2........................................................................................................... 6
Pertemuan 3.......................................................................................................... 10
Pertemuan 4.......................................................................................................... 14
Penilaian Hasil Belajar.......................................................................................... 18
Kompetensi Dasar 6.2............................................................................................ 24
Pertemuan 1.......................................................................................................... 26
Pertemuan 2.......................................................................................................... 30
Pertemuan 3.......................................................................................................... 33
Pertemuan 4.......................................................................................................... 36
Penutup................................................................................................................... 46
Saran..................................................................................................................... 46
Solusi..................................................................................................................... 46
Kesan.................................................................................................................... 47
Pesan..................................................................................................................... 47



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : ......................................
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok                : Cahaya dan Sifat-sifatnya
Kelas/Semester             : V/2
Alokasi Waktu              : 4 x  Pertemuan (8 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi :
6. Menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B.     Kompetensi Dasar :
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

C.    Indikator :
Pertemuan 1
·         Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagi benda (bening, berwarna, dan gelap).
Pertemuan 2
·         Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
Pertemuan 3
·         Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
·         Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan mengunakan cakram warna.
Pertemuan 4
·         Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
·         Membuat pelangi melalui percobaan sederhana

D.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
1.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu mendemonstrasikan sifat  cahaya yang mengenai berbagi benda (bening, berwarna, dan gelap) dengan baik dan benar.
Pertemuan 2
2.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung dengan baik dan benar.
Pertemuan 3
3.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu  menunjukkan contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan dengan baik dan benar.
4.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna dengan baik dan benar.
Pertemuan 4
5.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu mampu memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
6.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu membuat pelangi melalui percobaan sederhana dengan baik dan benar.

Karakter Siswa yang diharapkan :
Kerja keras, kreatif, disiplin, rasa ingin tahu.
E.     Materi Ajar :
a. Sifat-Sifat Cahaya
b. Cahaya Putih Terdiri Atas Berbagai Warna

F.     Metode Pembelajaran :
Ø  Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Praktek

G.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar :
Senter, karton hitam, plastik bening, kardus, batu bata, gelas bening.

Sumber Belajar :
Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI kelas V penulis Heri sulistyanto dan Edy Wiyono diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008

H.    Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa


·         Absen




·         Apersepsi





·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.

·         Guru mengabsen kehadiran siswa.



·         Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya (Sebutkan berbagai jenis pesawat sederhana seperti yang sudah dipelajari sebelumnya).
·         Guru meminta siswa bernyanyi lagu burung hantu

·         Guru menyampaikan topic pembelajaran pada hari ini yaitu “Sifat cahaya yang mengenai berbagai benda” dan tujuan pembelajaran agar siswa mampu mendemonstrasikan sifat  cahaya yang mengenai berbagi benda (bening, berwarna, dan gelap)


·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.

·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir

·    Siswa menyebutkan berbagai jenis pesawat sederhana.



·         Siswa menyanyikan lagu burung hantu.


·         Siswa memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi









·         Elaborasi




































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa mengapa kaca jendela dibuat menggunakan kaca bening?
·         Guru bertanya kepada siswa “Apa yang terjadi jika kaca tersebut ditutup menggunakan triplek?


·               Guru menjelaskan kepada siswa bahwa cahaya dapat masuk ke dalam rumah selain melalui celah-celah juga melalui kaca jendela. Kaca yang bening dapat ditembus oleh cahaya matahari.
·               Guru menjelaskan kepada siswa bahwa cahaya hanya dapat menembus benda yang bening.
·               Guru bersama siswa melakukan kegiatan yang menunjukkan bagaimana cahaya menembus benda bening.

·               Guru memberikan tugas kelompok mengenai kegiatan yang dilakukan.
·               Guru bersama siswa membahas tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.

·               Guru memberikan penugasan individu kepada siswa.
·               Guru bersama siswa mendiskusikan tugas yang sudah dibuat.

·               Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa

·               Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.




·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.






·         siswa mendengarkan penjelasan guru.


·         Siswa bersama guru melakukan kegiatan yang menunjukkan bagaimana cahaya menembus benda bening.
·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·         Siswa bersama guru membahas tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·          Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·                   Siswa bersama guru mendiskusikan tugas yang sudah dibuat.
·                   Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.


·                   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya


·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Sifat-sifat cahaya apabila mengenai cermin datar dan cermin lengkung
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru




·         Siswa menjawab salam
10 Menit


Pertemuan ke-2

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa


·         Absen


·         Apersepsi




·         Motivasi




·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·         Guru mengucapkan salam

·         Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
·         Guru mengabsen kehadiran siswa

·         Guru meminta siswa menyebutkan sifat cahaya pada benda bening, berwarna dan benda gelap
·         Guru menceritakan sejarah penemuan kaca pantul (cermin) dan manfaatnya untuk manusia saat ini
·         Guru menyampaian topik pembelajaran yaitu“Sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung” dan tujuan pembelajaran: agar siswa memahami sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung

·         Siswa menjawab salam
·         Salah satu siswa memimpin doa

·         Siswa mengonfirmasi kehadiran
·         Siswa menyampaikan pendapatnya


·         Siswa mendengarkan cerita guru dengan semangat

·         Siswa mendengarkan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran dari guru
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi










·         Elaborasi




































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya pada siswa apakah siswa tahu apa itu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
·         Guru bertanya pada siswa apakah yang terjadi jika cahaya mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.

·         Guru memberikan penjelasan mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
·         Guru memberikan penjelasan sifat – sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.

·         Guru dan siswa membuktikan penjelasan sifat – sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung melalui kegiatan percobaan



·         Guru meminta siswa mencatat hasil percobaan secara berkelompok.

·         Guru bersama siswa membahas laporan percobaan siswa
·         Guru memberikan postest pada siswa untuk dikerjakan secara individu.
·         Guru bersama siswa membahas jawaban postest siswa

·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa pada materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”

·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”

·         Siswa menyampaikan pendapatnya


·         Siswa menyampaikan pendapatnya



·         Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru

·         Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru



·         Siswa dan Guru membuktikan penjelasan sifat – sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung melalui kegiatan percobaan
·         siswa mencatat hasil percobaan secara berkelompok.
·         Siswa bersama guru membahas laporan percobaan siswa
·         siswa mengerjakan postest secara individu.
·         Siswa bersama guru membahas jawaban postest

·         Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa pada materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”
·         Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”








50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Memberi pekerjaan rumah (PR)

·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya
·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini

·         Guru memberikan pekerjaan rumah (PR)

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Pembiasan Cahaya
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mencatat/menandai halaman PR yang diberikan guru
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru

·         Siswa menjawab salam









10 Menit


Pertemuan ke-3

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi





·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·         Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya (Sebutkan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lekung).
·         Guru meminta siswa menyanyikan lagu “Pelangi-pelangi”

·         Guru menyampaikan materi “Peristiwa pembiasan cahaya dan cahaya putih terdiri dari berbagai warna” serta tujuan pembelajaran yaitu agar siswa mampu menunjukkan contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan dan mampu menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbgai warna dengan baik dan benar.

·      Siswa menjawab salam.
·      Salah satu siswa memimpin doa.
·      Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
·      Siswa menyebutkan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lekung

·      Siswa menyanyikan lagu “pelangi-pelangi”.

·      Siswa memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi













·         Elaborasi






































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa mengapa pipet yang terdapat di dalam gelas terlihat bengkok/patah (sambil mempraktekkan)?
·         Guru bertanya kepada siswa “Apakah cahaya matahari berwarna putih?

·         Guru bertanya kepada siswa “Warna apa saja yang membentuk cahaya putih matahari?”

·         Guru menjelaskan kepada siswa mengenai pembiasan cahaya.

·         Guru bersama siswa melakukan kegiatan yang menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya.


·         Guru memberikan tugas kelompok mengenai kegiatan pengamatan yang dilakukan.

·         Guru bersama siswa membahas tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Guru memperlihatkan media berupa cakram warna kepada siswa.

·         Guru bersama siswa melakukan kegiatan yang dapat menunjukkan warna-warna yang terdapat pada cahaya putih.

·         Guru meminta siswa menyimpulkan hasil kegiatan pengamatan warna-warna yang terdapat pada cahaya putih yang dilakukan.



·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa

·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa pembiasan cahaya dan cahaya putih terdiri dari berbagai warna”.

·         Siswa menjawab pertanyaan guru.



·         Siswa menjawab pertanyaan guru


·         Siswa menjawab pertanyaan guru



·         Siswa mendengarkan penjelasan guru

·         Siswa bersama guru melakukan kegiatan yang menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya
·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru


·         Siswa bersama guru membahas tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Siswa memperhatikan media cakram warna.
·         Siswa melakukan kegiatan berdasarkan pengarahan oleh guru.

·         Siswa menyimpulkan hasil kegiatan pengamatan warna-warna yang terdapat pada cahaya putih yang dilakukan.

·         Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·         Siswa bersama guru  bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa pembiasan cahaya dan cahaya putih terdiri dari berbagai warna”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Peristiwa Penguraian Cahaya”.
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru



·         Siswa menjawab salam
10 Menit


Pertemuan ke-4

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa


·         Absen


·         Apersepsi





·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·         Guru memberi salam

·         Guru memerintahkan salah satu siswa untuk memimpin do’a
·         Guru mengabsen kehadiran siswa

·         Guru bertanya kepada siswa tentang materi pada pertemuan sebelumnya “warna apa saja yang dihasilkan dari penguraian warna putih”.
·         Guru bersama siswa menyanyikan lagu “Cicak-cicak di dinding”

·         Guru menyampaikan topik pembelajaran hari ini “peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari”. Tujuan pembelajaran agar siswa mampu memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari dan mampu membuat pelangi dengan percobaan sederhana.


·         Siswa menjawab salam
·         Siswa berdo’a


·         Siswa mengkonfirmasi kehadiran
·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru



·         Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Cicak-cicak di dinding”
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru


10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi







·         Elaborasi




































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa apakah kalian pernah melihat pelangi
·         Guru bertanya kepada siswa dari manakah warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu berasal
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang bagaimana peristiwa penguraian cahaya.
·         Guru bertanya kepada siswa apakah setiap kelompok membawa alat dan bahan percobaan
·         Guru mengajak siswa keluar ruangan untuk melakukan percobaan .
·         Guru menjelaskan kepada siswa langkah-langkah percobaan yang akan dilakukan
·         Guru bersama siswa melakukan kegiatan percobaan
·         Guru meminta masing-masing kelompok untuk  membuat laporan hasil percobaan.
·         Guru memerintahkan siswa untuk kembali kedalam kelas.
·         Guru bersama siswa membahas laporan hasil percobaan yang telah dibuat perkelompok

·         Guru memberikan postest kepada siswa yang dikerjakan secara individu
·         Guru bersama siswa membahas hasil postest


·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari”.


·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
·         Siswa menyampaikan pendapatnya.


·         Siswa mendengarkan penjelasan guru

·         Siswa menjawab pertanyaan guru


·         Siswa mengikuti instruksi guru

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru

·         Siswa bersama guru melakukan kegiatan percobaan
·         Siswa membuat laporan hasil percobaan  secara kelompok
·         Siswa kembali keruangan

·         Siswa bersama guru membahas laporan hasil percobaan yang telah dibuat
·         Siswa mengerjakan postest secara individu
·         Siswa bersama guru membahas hasil postest yang telah dikerjakan
·       Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari”.”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Memberi pekerjaan rumah (PR)

·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini

·         Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) pada halaman 136

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “proses pembentukan tanah”

·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mencatat/menandai halaman PR yang diberikan guru
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru



·         Siswa menjawab salam
10 Menit






I.       Penilaian Hasil Belajar :

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
Pertemuan 1
1.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu mendemonstrasikan sifat  cahaya yang mengenai berbagi benda (bening, berwarna, dan gelap) dengan baik dan benar.
Pertemuan 2
2.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung dengan baik dan benar.
Pertemuan 3
3.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu  menunjukkan contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan dengan baik dan benar.
4.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna dengan baik dan benar.

Pertemuan 4
5.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu mampu memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
6.      Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu membuat pelangi melalui percobaan sederhana dengan baik dan benar.




Tulisan














Tulisan













Tulisan














Tulisan

















Tulisan

Soal Essay














Laporan













Laporan














Soal Essay

















Soal Essay

















Carilah olehmu benda bening yang ada di rumahmu atau di sekolah yang dapat ditembus oleh cahaya matahari!











Bagaimana sifat cahaya yang mengenai cernin datar?












Bagaimana pembiasan cahaya dapat terjadi?













Bagaimana cahaya putih dapat memiliki berbagai warna?
















Sebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya!












Jelaskan bagaimana proses terjadinya pelangi!











FORMAT KRITERIA PENILAIAN     
Soal
Kriteria Penilaian
Pertemuan 1
1 .Tabel pengamatan (Terlampir)
2. Carilah olehmu benda bening yang ada di rumahmu atau di sekolah yang dapat ditembus oleh cahaya matahari.

*Tabel pengamatan :
Benar 1 = skor 15
Salah = skor 0
*Soal nomor 2
Benar = skor 25
Salah = skor 0
Pertemuan 2
1.      Bagaimana sifat cahaya yang mengenai cermin datar?
2.      Bagaimana sifat cahaya yang mengenai cermin lengkung?
3.      Jelaskan sifat-sifat bayangan yang dibentuk apabila sebuah benda diletakkan di depan cermin cembung!
4.       Mengapa kaca spion kendaraan bermotor menggunakan cermin cembung?Jelaskan!

Benar 1 skor = 20
Salah 1 skor = 0
Pertemuan 3
1.      Sebutkan peristiwa pembiasan cahaya!
2.      Bagaimana pembiasan cahaya dapat terjadi?
3.      Bagaimana cahaya putih dapat memiliki berbagai warna?
4.      Warna apa saja yang dapat dibentuk oleh cahaya putih?
5.      Apa yang dimaksud dengan spectrum warna?

Benar 1 skor = 20
Salah 1 skor = 0
Pertemuan 4
1.       Sebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya!
2.       Jelaskan proses terbentuknya pelangi!

Benar 1 = skor 50
Salah = skor 0

*Lampiran Tabel Pengamatan Pertemuan 1 :
No
Nama Benda
Tembus Cahaya
Tidak Tembus Cahaya
1
Gelas Bening


2
Plastik Bening


3
Kardus


4
Karton Hitam


5
Batu Bata



FORMAT PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
4
3
2
1
  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1




2



3



4
Kerja sama




Kreatif



Disiplin



Rasa ingin tahu
* Selalu kerja sama
* Sering kerja sama
* Kadang-kadang kerja sama
* Kurang kerja sama

* Selalu kreatif
* Sering kreatif
* Kadang-kadang kreatif
* Kurang kreatif
* Selalu disiplin
* Sering disiplin
* Kadang-kadang disiplin
* Kurang disiplin
* Selalu ingin tahu
* Sering ingin tahu
* Kadang-kadang ingin tahu
* Kurang ingin tahu
4
3
2
1

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

·         Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
   Nilai
Kerja sama
Kreatif
Disiplin
Rasa
Ingin tahu
1.








2.








3.








4.








CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Muara Bulian,   November 2016
                                    Mengetahui
          Kepala Sekolah                                                   Guru


                             ..................................                                            ..................................
        NIP :                                                                                NIP :







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : ......................................
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok                : Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya
Kelas/Semester             : V/2
Alokasi Waktu              : 4 x  Pertemuan (8 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi :
6. Menerapkan  sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

B.     Kompetensi Dasar :
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerap-kan sifat-sifat cahaya

C.    Indikator :
Pertemuan 1
·            Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya cakram warna, periskop atau lensa sederhana.
·            Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.
·            Menggunakan bahan/benda yang sesuai.
·            Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan.
Pertemuan 2
·            Menguji cara kerja/model yang dibuat.
Pertemuan 3
·            Menerapkan prinsip keselamatan kerja.
Pertemuan 4
·            Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik

D.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
7.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya cakram warna, periskop atau lensa sederhana dengan baik dan benar.
8.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai dengan baik dan benar,
9.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu  menggunakan bahan/benda yang sesuai dengan baik dan benar.
10.  Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan dengan baik dan benar.
Pertemuan 2
11.  Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu mampu menguji cara kerja/model yang dibuat baik dan benar.
Pertemuan 3
12.  Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu menerapkan prinsip keselamatan kerja dengan baik dan benar.
Pertemuan 4
13.  Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya " siswa mampu memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik dengan baik dan benar.

Karakter Siswa yang diharapkan :
Kerja sama, kreatif, disiplin, rasa ingin tahu.
E.     Materi Ajar :
·         Merancang dan membuat suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya
·         Prinsip Keselamatan Kerja
·         Modifikasi Model

F.     Metode Pembelajaran :
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Praktek

G.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar :
2 Kotak pasta gigi, lem, selotip, cutter, pensil, penggaris, 2 cermin datar ukuran 3 cm x 3 cm.
Sumber Belajar : Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI kelas V penulis Heri sulistyanto dan Edy Wiyono diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008

H.    Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa


·         Absen




·         Apersepsi



·         Motivasi





·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.

·         Guru mengabsen kehadiran siswa.



·         Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya mengenai sifat-sifat cahaya.
·    Guru meminta siswa menyebutkan contoh peralatan sederhana yang yang menerapkan sifat cahaya.

·    Guru menyampaikan topik pembelajaran pada hari ini yaitu “Merancang dan membuat suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya” dan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya menggunakan cakram warna, memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai, menggunakan bahan/benda yang sesuai dan membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan


·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.

·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir

·    Siswa menyebutkan berbagai sifat cahaya.


·            Siswa menyebutkan periskop merupakan salah satu alat yang menerapkan sifat cahaya.
·            Siswa memperhatikan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi



·         Elaborasi




































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa “Apa fungsi periskop?

·         Guru memfasilitasi siswa dengan memberikan jawaban yang benar.

·         Guru menjelaskan kepada siswa bahwa ada 3 rancangan sederhana yang bisa dibuat dengan menerapkan sifat cahaya diantaranya yaitu Periskop, kaca pembesar sederhana, dan Cakram warna.

·         Guru menjelaskan mengenai model yang akan dibuat yaitu periskop

·               Guru menjelaskan apa itu periskop dan fungsinya.

·               Guru memperlihatkan alat dan bahan yang digunakan dalam membuat periskop.

·               Guru menjelaskan rancangan periskop yang akan dibuat.
·               Guru meminta siswa secara berkelompok melakukan kegiatan membuat periskop menggunakan alat dan bahan yang sudah disediakan.

·               Guru meminta perwakilan kelompok untuk menampilkan hasil rancangan periskop yang dibuat.

·               Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa

·               Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topik “Merancang dan membuat suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya”.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.






·         siswa mendengarkan penjelasan guru

·         Siswa menyimak penjelasan dari guru.

·         Siswa menyimak penjelasan guru.


·         Siswa menyimak penjelasan guru.

·         Siswa secara berkelompok melakukan kegiatan membuat periskop menggunakan alat dan bahan yang sudah disediakan.

·         Perwakilan siswa menampilkan hasil rancangan periskop yang dibuat.


·                   Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.


Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Merancang dan membuat suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi








·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya


·         Salam

·         Guru meminta siswa menyimpulkan  materi pelajaran hari ini.

·         Guru membenarkan kesimpulan siswa dilanjutkan dengan kesimpulan materi pelajaran oleh guru,

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Cara kerja model yang dibuat

·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Siswa memberikann kesimpulan pelajaran hari ini.
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru



·         Siswa mendengarkan penyampaian guru




·         Siswa menjawab salam
10 Menit

Pertemuan ke-2

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa


·         Absen


·         Apersepsi







·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·         Guru mengucapkan salam

·         Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
·         Guru mengabsen kehadiran siswa

·         Guru meminta siswa menyebutkan model rancangan yang menerapkan sifat cahaya dan fungsinya seperti yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

·         Guru meminta siswa bernyanyi lagu pelangi-pelangi

·    Penyampaian topik : Pengujian Hasil Karya dengan Tujuan pembelajaran: agar dapat menguji cara kerja/model yang dibuat.


·         Siswa menjawab salam
·         Salah satu siswa memimpin doa

·         Siswa mengonfirmasi kehadiran
·         Siswa menjawab pertanyaan guru.






·         Siswa bernyanyi lagu pelangi-pelangi

·         Siswa mendengarkan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran dari guru
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi



·         Elaborasi



















·         Konfirmasi




·      Guru bertanya pada siswa apakah tujuan menguji hasil karya yang sudah dibuat?

·         Guru memberikan penjelasan mengenai Pengujian Hasil Karya

·         Guru meminta siswa mengisi tabel hasil pengamatan terhadap alat-alat yang telah dibuat sebelumnya.

·         Guru memberikan postest pada siswa untuk dikerjakan secara individu mengenai pengujian alat dan bahan.

·         Guru bersama siswa membahas jawaban postest siswa

·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa pada topik Pengujian Hasil Karya”


·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topikPengujian Hasil Karya”

·         Siswa menyampaikan pendapatnya

·         Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
·         Siswa mengisi tabel sesuai dengan praktek yang sudah dilakukan pada pertemuan sebelmnya.
·         siswa mengerjakan postest secara individu.



·         Siswa bersama guru membahas jawaban postest

·         Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa pada topik Pengujian Hasil Karya”
·         Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topic “Pengujian Hasil Karya”








50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi








·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

·         Salam

·         Guru meminta siswa menyimpulkan  materi pelajaran hari ini.

·         Guru membenarkan kesimpulan siswa dilanjutkan dengan kesimpulan materi pelajaran oleh guru

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Prinsip Keselamatan Kerja

·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Siswa memberikann kesimpulan pelajaran hari ini.
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru



·         Siswa mendengarkan penyampaian guru



·         Siswa menjawab salam









10 Menit


Pertemuan ke-3

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi




·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·         Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya (Apa tujuan dari pengujian hasil karya yang sudah dibuat?).

·         Guru meminta siswa menyanyikan lagu “Burung Kutilang”

·         Guru menyampaikan topik yaitu Prinsip Keselamatan Kerja dengan tujuan agar  siswa mampu menerapkan prinsip keselamatan kerja dengan baik dan benar.


·      Siswa menjawab salam.
·      Salah satu siswa memimpin doa.
·      Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
·      Siswa menjawab pertanyaan dari guru



·      Siswa menyanyikan lagu “Burung Kutilang”.

·      Siswa memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran






10 Menit

2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi



·         Elaborasi
















·         Konfirmasi





·         Guru bertanya kepada siswa “Apa yang dimaksud prinsip keselamatan kerja?”

·         Guru memfasilitasi siswa dengan memberikan jawaban yang benar.
·         .Guru memberi penjelasan materi prinsip keselamatan kerja berkaitan dengan karya yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa berupa soal essay.

·         Guru bersama siswa membahas tugas yang sudah dikerjakan siswa.

·         Guru bersama siswa bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui siswa pada topik “Prinsip Keselamatan Kerja”.


·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topik “ Prinsip Keselamatan Kerja”



·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.



·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
·         Guru bersama siswa membahas tugas yang sudah dikerjakan siswa.
·         Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum diketahui pada topic “Prinsip Keselamatan Kerja”
·         Siswa bersama guru  bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topik “Prinsip Keselamatan Kerja”



50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi







·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

·         Salam

·         Guru meminta siswa menyimpulkan  materi pelajaran hari ini.
·         Guru membenarkan penyampaian kesimpulan siswa dan dilanjutkan dengan penyampaian kesimpulan oleh guru.
·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Modifikasi Model Rancangan”.
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Siswa memberikan kesimpulan pelajaran hari ini.
·         Siswa mendengarkan penyampaian kesimpulan oleh guru.

·         Siswa menyimak penyampaian guru.




·         Siswa menjawab salam
10 Menit

Pertemuan ke-4

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa


·         Absen


·         Apersepsi





·         Motivasi




·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·         Guru memberi salam

·         Guru memerintahkan salah satu siswa untuk memimpin do’a
·         Guru mengabsen kehadiran siswa

·         Guru bertanya kepada siswa tentang materi pada pertemuan sebelumnya “Apa saja prinsip keselamatan kerja”.

·         Guru bertanya kepada siswa apakah model yang sudah dibuat masih bisa dimodifikasi?

·         Guru menyampaikan topik pembelajaran hari ini “Modifikasi Model”. Tujuan pembelajaran agar siswa mampu memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik dengan baik dan benar


·         Siswa menjawab salam
·         Siswa berdo’a


·         Siswa mengkonfirmasi kehadiran
·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru



·         Siswa menjawab pertanyaan guru.



·         Siswa mendengarkan penyampaian guru.


10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi





·         Elaborasi





















·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa (Menurut pendapatmu, bagaimana cara memodifikasi rancangan periskop yang sudah dibuat?
·         Guru menjelaskan kepada siswa bahwa periskop yang sudah dirancang dapat dimodifikasi dengan membuat model dengan wilayah pandang yang lebih luas, menambahkan sebuah cermin datar atau pun membuat dua lubang pandang yang dapat dibuka dan ditutup.
·         Guru mengajak siswa untuk memodifikasi model rancangan periskop yang sudah dibuat siswa secara berkelompok.
·         Guru meminta perwakilan kelompok menampilkan model hasil rancangan periskop yang sudah dimodifikasi.
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa .
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topic ”Modifikasi Model”.


·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.



·         Siswa mendengarkan penjelasan guru









·         Siswa mengikuti
instruksi guru



·         Perwakilan siswa menampilkan model periskop yang sudah dimodifikasi.
·       Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topik “Modifikasi Model”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi









·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

·         Salam

·         Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.

·         Guru membenarkan kesimpulan yang disampaikan oleh siswa dilanjutkan dengan penyampaian kesimpulan oleh guru.

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Struktur Bumi dan Matahari”
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
·         Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru .



·         Siswa menyimak penyampaian topic oleh guru.



·         Siswa menjawab salam.
10 Menit



I.       Penilaian Hasil Belajar :

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
Pertemuan 1
1.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya cakram warna, periskop atau lensa sederhana dengan baik dan benar.
2.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai dengan baik dan benar,
3.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu  menggunakan bahan/benda yang sesuai dengan baik dan benar.
4.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan dengan baik dan benar.

Pertemuan 2
5.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu mampu menguji cara kerja/model yang dibuat baik dan benar.


Pertemuan 3
6.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu menerapkan prinsip keselamatan kerja dengan baik dan benar.
Pertemuan 4
7.      Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya " siswa mampu memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik dengan baik dan benar.

Tulisan


























































Tulisan










Tulisan










Lisan

Essay































































Laporan














Essay














Laporan


Carilah olehmu apakah periskop juga digunakan oleh benda lain selain kapal
selam. Jika kamu menemukannya, tuliskan kegunaan periskop pada benda tersebut




























































·         Apakah alat tersebut dapat digunakan dengan baik?
·         Apakah alat dan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan rancangan awal sebelum alat tersebut dibuat?









1.      Sebutkan prinsip-prinsip keselamatan kerja!
2.      Coba ceritakan apakah kesulitan yang kamu hadapi pada saat membuat periskop!









Bagaimana cara kamu memodifikasi periskop? Diskusikan ke depan kelas.




FORMAT KRITERIA PENILAIAN     
Soal
Kriteria Penilaian
Pertemuan 1
1.      Apa fungsi periskop?
2.      Carilah olehmu apakah periskop juga digunakan oleh benda lain selain kapal selam. Jika kamu menemukannya, tuliskan kegunaan periskop pada benda tersebut.
3.      Apa saja alat dan bahan dalam mebuat periskop?
4.      Apakah kesulitan dalam membuat periskop? Jelaskan.

Benar  1 skor = 25
Salah 1 skor     = 0




Pertemuan 2
5.      Apakah alat tersebut dapat digunakan dengan baik?
6.      Apakah alat tersebut sudah sesuai dengan fungsinya?
7.      Apakah alat dan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan rancangan awal sebelum alat tersebut dibuat?
8.      Apakah alat dan bahan yang digunakan sudah sesuai dengan fungsinya masing-masing pada alat yang kita buat?
9.      Adakah alat dan bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat model atau karya tersebut?

Benar 1 skor = 20
Salah 1 skor = 0
Pertemuan 3
6.      Sebutkan prinsip-prinsip keselamatan kerja!
7.      Coba ceritakan apakah kesulitan yang kamu hadapi pada saat membuat periskop!

Benar 1 skor = 50
Salah 1 skor = 0
Pertemuan 4
Teknik penilaian : Lisan
-

FORMAT PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
4
3
2
1
  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1




2



3



4
Kerja sama




Kreatif



Disiplin



Rasa ingin tahu
* Selalu kerja sama
* Sering kerja sama
* Kadang-kadang kerja sama
* Kurang kerja sama

* Selalu kreatif
* Sering kreatif
* Kadang-kadang kreatif
* Kurang kreatif
* Selalu disiplin
* Sering disiplin
* Kadang-kadang disiplin
* Kurang disiplin
* Selalu ingin tahu
* Sering ingin tahu
* Kadang-kadang ingin tahu
* Kurang ingin tahu
4
3
2
1

4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

·         Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
   Nilai
Kerja sama
Kreatif
Disiplin
Rasa
Ingin tahu
1.








2.








3.








4.








5.








6.









CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        Muara Bulian,   November 2016
                                    Mengetahui
Kepala Sekolah                                                             Guru



                             ..................................                                            ..................................
        NIP :                                                                                NIP :












PENUTUP
A.    Saran
            Pada umumnya, guru sudah mempunyai bekal penguasaan terhadap bidang ilmunya tetapi masih kurang terampil dalam menyampaikan materi bidang tersebut kepada peserta didik . Keterampilan Dasar Mengajar ( Generic Teaching Skill), yaitu keterampilan yang bersifat generic yang harus dikuasai oleh seorang guru, terlepas dari tingkatan kelas dan bidang studi yang diajarkan.Jika media pembelajaran yang dibuat guru sudah menarik namun kompetensi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kurang baik, maka pembelajaranakan berlangsung kurang optimal.
B.     Solusi
            Keberhasilan dalam suatu pembelajaran salah satunya ditentukan oleh bagaimana proses itu berlangsung. Di samping itu  proses interaksi belajar, pada prinsipnya sangat tergantung pada guru dan peserta didiknya. Guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan nyaman , sehingga peserta didik akan termotivasi dalam belajar. Setiap guru menginginkan proses pembelajaran yang dilaksanakannya menyenangkan dan berpusat pada peserta didik (student centered) , peserta didik antusias menjawab pertanyaan atau memberika pendapat, bertukar informasi, dan saling memberi semangat.  Sehingga guru memang harus berkompeten dalam mengajar, baik dalam kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan sosial dengan memantapkan keempat kompetensi guru ini diharapkan agar guru dapat mengajar dengan sebaik-baiknya , sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai . Proses pembelajaran melibatkan beberapa komponen diantaranya adalah perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Sudah menjadi tugas guru untuk membuat persiapan mengajar atau membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan melaksanakan RPP dalam kegiatan belajar. Perencanaan pembelajaran akan menentukan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Jika perencanaan baik maka proses pembelajaran akan berjalan efektif. Dalam menyusun rencana pembelajaran sebaiknya guru memahamai bahwa proses belajar adalah proses berpikir. Guru sebaiknya merencanakan pembelajaran yang selain membuat siswa aktif tetapi juga bisa membuat siswa berpikir. Melalui kegiatan eksplorasi, siswa dituntut untuk bisa mengeluarkan pendapat dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikimya. Guru harus bisa menciptakan suasana belajar bermakna bagi siswa, dalam proses berpikir, apa yang dipelajari siswa dapat dimaknai oleh siswa.
C.    Kesan
Pada pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar  ini, pembelajaran yang dilakukan secara praktek dapat melatih siswa SD untuk dapat menerapkan konsep-konsep IPA yang telah dipahami ke dalam bentuk latihan mengembangkan kompetensi kerja ilmiah secara bijaksana, kreatif, inovatif dan bekerja sama. Kegiatan latihan yang diberikan berupa kreativitas merancang , membuat, dan menggunakan model rancangan  sederhana.
D.    Pesan
            Agar pembelajaran dapat optimal dan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat guru dalam hal pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) terutama dalam kegiatan praktek yang dilaksanakan pada mata pelajaran IPA kelas V SD materi Cahaya dan sifat-sifatnya untuk pengadaan alat dan bahan sebaiknya sudah disediakan dari pihak sekolah yang dipertanggung jawabkan oleh guru kelas.

 










 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar