KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya lah
kami dapat menyelesaikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelompok 6. Kami berharap RPP ini dapat bermanfaat
bagi pembaca.
Harapan
kami agar pembaca memberikan kritik maupun saran yang bersifat membangun supaya
kami dapat memperbaiki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk
selanjutnya. Akhir kata kami ucapkan terima kasih, mohon maaf atas segala kekurangan baik dari
susunan kata yang tidak tepat dan susunan kalimat. Semoga RPP ini berguna
sebagai bahan ajar, sumber belajar, dan sebagai tambahan pengetahuan.
Muara Bulian,
September 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar........................................................................................................ i
Daftar isi.................................................................................................................. ii
Kompetensi Dasar 6.1............................................................................................. 1
Pertemuan 1........................................................................................................... 5
Pertemuan 2........................................................................................................... 6
Pertemuan 3.......................................................................................................... 10
Pertemuan 4.......................................................................................................... 14
Penilaian Hasil Belajar.......................................................................................... 18
Kompetensi Dasar 6.2............................................................................................ 24
Pertemuan 1.......................................................................................................... 26
Pertemuan 2.......................................................................................................... 30
Pertemuan 3.......................................................................................................... 33
Pertemuan 4.......................................................................................................... 36
Penutup................................................................................................................... 46
Saran..................................................................................................................... 46
Solusi..................................................................................................................... 46
Kesan.................................................................................................................... 47
Pesan..................................................................................................................... 47
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok :
Cahaya dan Sifat-sifatnya
Kelas/Semester :
V/2
Alokasi Waktu : 4
x Pertemuan (8 x 35 menit)
A. Standar Kompetensi :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya
melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B. Kompetensi Dasar :
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C. Indikator :
Pertemuan 1
·
Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagi benda (bening,
berwarna, dan gelap).
Pertemuan 2
·
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan
cermin lengkung.
Pertemuan 3
·
Menunjukkan contoh
peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
·
Menunjukkan bukti
bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya dengan mengunakan
cakram warna.
Pertemuan 4
·
Memberikan contoh
peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Membuat pelangi melalui percobaan sederhana
D. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
1.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu
mendemonstrasikan sifat cahaya yang
mengenai berbagi benda (bening, berwarna, dan gelap) dengan baik dan
benar.
Pertemuan 2
2.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu
mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin
lengkung dengan baik dan benar.
Pertemuan 3
3.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa
mampu menunjukkan contoh peristiwa
pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan dengan baik dan benar.
4.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu
menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna, misalnya
dengan menggunakan cakram warna dengan baik dan benar.
Pertemuan 4
5.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu
mampu memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari
dengan baik dan benar.
6.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”, siswa mampu
membuat pelangi melalui percobaan sederhana dengan baik dan benar.
Karakter Siswa yang
diharapkan :
Kerja keras,
kreatif, disiplin, rasa ingin tahu.
E. Materi Ajar :
a. Sifat-Sifat Cahaya
b. Cahaya Putih Terdiri Atas
Berbagai Warna
F. Metode Pembelajaran :
Ø Ceramah, Tanya
Jawab, Diskusi, Praktek
G. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar :
Senter, karton hitam, plastik bening, kardus,
batu bata, gelas bening.
Sumber Belajar :
Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan
MI kelas V penulis Heri sulistyanto dan Edy Wiyono diterbitkan oleh Pusat
Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
H. Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
hari ini
|
· Guru memberi
salam.
· Guru meminta salah
satu siswa memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya
(Sebutkan berbagai jenis pesawat sederhana seperti yang sudah dipelajari
sebelumnya).
·
Guru meminta siswa bernyanyi lagu burung
hantu
·
Guru menyampaikan topic pembelajaran pada
hari ini yaitu “Sifat cahaya yang mengenai berbagai benda” dan tujuan
pembelajaran agar siswa mampu mendemonstrasikan
sifat cahaya yang mengenai berbagi
benda (bening, berwarna, dan gelap)
|
· Siswa menjawab
salam.
· Salah satu siswa
memimpin doa.
· Siswa menjawab
absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
·
Siswa menyebutkan berbagai jenis pesawat
sederhana.
·
Siswa menyanyikan lagu burung hantu.
·
Siswa memperhatikan penyampaian materi atau
tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa mengapa kaca
jendela dibuat menggunakan kaca bening?
·
Guru bertanya kepada siswa “Apa yang terjadi
jika kaca tersebut ditutup menggunakan triplek?
·
Guru menjelaskan
kepada siswa bahwa cahaya dapat masuk ke dalam rumah selain melalui
celah-celah juga melalui kaca jendela. Kaca yang bening dapat ditembus oleh
cahaya matahari.
·
Guru menjelaskan kepada siswa
bahwa cahaya hanya dapat menembus benda yang bening.
·
Guru bersama siswa melakukan kegiatan
yang menunjukkan bagaimana cahaya menembus benda bening.
·
Guru memberikan tugas kelompok
mengenai kegiatan yang dilakukan.
·
Guru bersama siswa membahas
tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Guru memberikan penugasan
individu kepada siswa.
·
Guru bersama siswa
mendiskusikan tugas yang sudah dibuat.
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·
siswa mendengarkan penjelasan guru.
·
Siswa bersama
guru melakukan kegiatan yang menunjukkan bagaimana cahaya menembus benda
bening.
·
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru.
·
Siswa bersama guru membahas
tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru.
·
Siswa bersama guru
mendiskusikan tugas yang sudah dibuat.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahuinya.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan Sifat-sifatnya”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Sifat-sifat
cahaya apabila mengenai cermin datar dan cermin lengkung”
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-2
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari
ini
|
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin
doa
·
Guru mengabsen kehadiran siswa
·
Guru meminta siswa menyebutkan sifat cahaya
pada benda bening, berwarna dan benda gelap
·
Guru menceritakan sejarah penemuan kaca pantul
(cermin) dan manfaatnya untuk manusia saat ini
·
Guru
menyampaian topik pembelajaran
yaitu“Sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung” dan tujuan pembelajaran:
agar siswa memahami sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung
|
·
Siswa menjawab salam
·
Salah satu siswa memimpin doa
·
Siswa mengonfirmasi kehadiran
·
Siswa menyampaikan pendapatnya
·
Siswa mendengarkan cerita guru dengan semangat
·
Siswa mendengarkan penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran dari guru
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya pada siswa apakah siswa tahu apa
itu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
·
Guru bertanya pada siswa apakah yang terjadi
jika cahaya mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
·
Guru memberikan penjelasan mengenai cermin
datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
·
Guru memberikan penjelasan sifat – sifat cahaya
yang mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
·
Guru dan siswa membuktikan penjelasan sifat –
sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung
melalui kegiatan percobaan
·
Guru meminta siswa mencatat hasil percobaan
secara berkelompok.
·
Guru bersama siswa membahas laporan percobaan
siswa
·
Guru memberikan postest pada siswa untuk
dikerjakan secara individu.
·
Guru bersama siswa membahas jawaban postest
siswa
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui oleh siswa pada materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”
|
·
Siswa menyampaikan pendapatnya
·
Siswa menyampaikan pendapatnya
·
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
guru
·
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
guru
·
Siswa dan Guru membuktikan penjelasan sifat –
sifat cahaya yang mengenai cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung
melalui kegiatan percobaan
·
siswa mencatat hasil percobaan secara
berkelompok.
·
Siswa bersama guru membahas laporan percobaan
siswa
·
siswa mengerjakan postest secara individu.
·
Siswa bersama guru membahas jawaban postest
·
Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui oleh siswa pada materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”
·
Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman mengenai materi “Cahaya dan sifat-sifatnya”
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Memberi pekerjaan rumah (PR)
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru memberikan pekerjaan rumah (PR)
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Pembiasan
Cahaya”
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mencatat/menandai halaman PR yang
diberikan guru
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-3
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
hari ini
|
· Guru memberi
salam.
· Guru meminta salah
satu siswa memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya
(Sebutkan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lekung).
·
Guru meminta siswa menyanyikan lagu
“Pelangi-pelangi”
·
Guru menyampaikan materi “Peristiwa pembiasan
cahaya dan cahaya putih terdiri dari berbagai warna” serta tujuan
pembelajaran yaitu agar siswa mampu menunjukkan contoh peristiwa pembiasan
dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan dan mampu menunjukkan bukti
bahwa cahaya putih terdiri dari berbgai warna dengan baik dan benar.
|
· Siswa menjawab
salam.
· Salah satu siswa
memimpin doa.
· Siswa menjawab
absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
· Siswa menyebutkan
sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lekung
· Siswa menyanyikan
lagu “pelangi-pelangi”.
· Siswa
memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa mengapa pipet yang
terdapat di dalam gelas terlihat bengkok/patah (sambil mempraktekkan)?
·
Guru bertanya kepada siswa “Apakah cahaya
matahari berwarna putih?
·
Guru bertanya kepada siswa “Warna apa saja
yang membentuk cahaya putih matahari?”
·
Guru menjelaskan
kepada siswa mengenai pembiasan cahaya.
·
Guru bersama siswa melakukan
kegiatan yang menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya.
·
Guru memberikan tugas kelompok
mengenai kegiatan pengamatan yang dilakukan.
·
Guru bersama siswa membahas
tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Guru memperlihatkan media
berupa cakram warna kepada siswa.
·
Guru bersama siswa melakukan
kegiatan yang dapat menunjukkan warna-warna yang terdapat pada cahaya putih.
·
Guru meminta siswa menyimpulkan
hasil kegiatan pengamatan warna-warna yang terdapat pada cahaya putih yang
dilakukan.
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa pembiasan cahaya dan cahaya
putih terdiri dari berbagai warna”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru
·
Siswa bersama guru melakukan
kegiatan yang menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya
·
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru
·
Siswa bersama guru membahas
tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Siswa memperhatikan media cakram warna.
·
Siswa melakukan kegiatan
berdasarkan pengarahan oleh guru.
·
Siswa menyimpulkan hasil
kegiatan pengamatan warna-warna yang terdapat pada cahaya putih yang
dilakukan.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahuinya.
·
Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman mengenai materi “Peristiwa pembiasan cahaya dan cahaya putih
terdiri dari berbagai warna”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Peristiwa Penguraian Cahaya”.
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-4
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
hari ini
|
·
Guru memberi salam
·
Guru memerintahkan salah satu siswa untuk
memimpin do’a
·
Guru mengabsen kehadiran siswa
·
Guru bertanya kepada siswa tentang materi
pada pertemuan sebelumnya “warna apa saja yang dihasilkan dari penguraian
warna putih”.
·
Guru bersama siswa menyanyikan lagu “Cicak-cicak
di dinding”
·
Guru menyampaikan topik pembelajaran hari ini
“peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari”. Tujuan
pembelajaran agar siswa mampu memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya
dalam kehidupan sehari-hari dan mampu membuat pelangi dengan percobaan
sederhana.
|
·
Siswa menjawab salam
·
Siswa berdo’a
·
Siswa mengkonfirmasi kehadiran
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
·
Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Cicak-cicak
di dinding”
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa apakah kalian
pernah melihat pelangi
·
Guru bertanya kepada siswa dari manakah warna
merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu berasal
·
Guru menjelaskan kepada siswa tentang
bagaimana peristiwa penguraian cahaya.
·
Guru bertanya kepada siswa apakah setiap
kelompok membawa alat dan bahan percobaan
·
Guru mengajak siswa keluar ruangan untuk
melakukan percobaan .
·
Guru menjelaskan kepada siswa langkah-langkah
percobaan yang akan dilakukan
·
Guru bersama siswa melakukan kegiatan
percobaan
·
Guru meminta masing-masing kelompok
untuk membuat laporan hasil percobaan.
·
Guru memerintahkan siswa untuk kembali
kedalam kelas.
·
Guru bersama siswa membahas laporan hasil
percobaan yang telah dibuat perkelompok
·
Guru memberikan postest kepada siswa yang
dikerjakan secara individu
·
Guru bersama siswa membahas hasil postest
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa penguraian cahaya dalam
kehidupan sehari-hari”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
guru
·
Siswa menyampaikan pendapatnya.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
·
Siswa mengikuti instruksi guru
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru
·
Siswa bersama guru melakukan kegiatan
percobaan
·
Siswa membuat laporan hasil percobaan secara kelompok
·
Siswa kembali keruangan
·
Siswa bersama guru membahas laporan hasil
percobaan yang telah dibuat
·
Siswa mengerjakan postest secara individu
·
Siswa bersama guru membahas hasil postest
yang telah dikerjakan
· Siswa bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
· Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Peristiwa
penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari”.”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Memberi pekerjaan rumah (PR)
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) pada
halaman 136
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “proses pembentukan tanah”
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mencatat/menandai halaman PR yang
diberikan guru
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
Pertemuan 1
1.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan
Sifat-sifatnya”, siswa mampu mendemonstrasikan
sifat cahaya yang mengenai berbagi
benda (bening, berwarna, dan gelap) dengan baik dan benar.
Pertemuan 2
2.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan
Sifat-sifatnya”, siswa mampu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai
cermin datar dan cermin lengkung dengan baik dan benar.
Pertemuan 3
3.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan
Sifat-sifatnya”, siswa mampu menunjukkan
contoh peristiwa pembiasan dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan
dengan baik dan benar.
4.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan
Sifat-sifatnya”, siswa mampu menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri
dari berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna dengan baik dan
benar.
Pertemuan 4
5.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan
Sifat-sifatnya”, siswa mampu mampu memberikan contoh peristiwa penguraian
cahaya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
6.
Setelah mempelajari materi “Cahaya dan
Sifat-sifatnya”, siswa mampu membuat pelangi melalui percobaan sederhana
dengan baik dan benar.
|
Tulisan
Tulisan
Tulisan
Tulisan
Tulisan
|
Soal Essay
Laporan
Laporan
Soal Essay
Soal Essay
|
Carilah olehmu benda
bening yang ada di rumahmu atau di sekolah yang dapat ditembus oleh cahaya
matahari!
Bagaimana sifat cahaya
yang mengenai cernin datar?
Bagaimana pembiasan
cahaya dapat terjadi?
Bagaimana cahaya putih
dapat memiliki berbagai warna?
Sebutkan contoh peristiwa
penguraian cahaya!
Jelaskan bagaimana proses
terjadinya pelangi!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Pertemuan 1
1 .Tabel pengamatan (Terlampir)
2. Carilah olehmu benda bening yang ada di rumahmu atau di
sekolah yang dapat ditembus oleh cahaya matahari.
|
*Tabel pengamatan :
Benar 1 = skor 15
Salah = skor 0
*Soal nomor 2
Benar = skor 25
Salah = skor 0
|
Pertemuan 2
1.
Bagaimana sifat
cahaya yang mengenai cermin datar?
2.
Bagaimana sifat cahaya yang mengenai cermin
lengkung?
3.
Jelaskan sifat-sifat bayangan yang dibentuk apabila sebuah
benda diletakkan di depan cermin cembung!
4.
Mengapa kaca spion
kendaraan bermotor menggunakan cermin cembung?Jelaskan!
|
Benar 1 skor = 20
Salah 1 skor = 0
|
Pertemuan 3
1.
Sebutkan peristiwa pembiasan cahaya!
2.
Bagaimana pembiasan cahaya dapat terjadi?
3.
Bagaimana cahaya putih dapat memiliki berbagai warna?
4.
Warna apa saja yang dapat dibentuk oleh cahaya putih?
5.
Apa yang dimaksud dengan spectrum warna?
|
Benar 1 skor = 20
Salah 1 skor = 0
|
Pertemuan 4
1. Sebutkan contoh
peristiwa penguraian cahaya!
2. Jelaskan proses
terbentuknya pelangi!
|
Benar 1 = skor 50
Salah = skor 0
|
*Lampiran Tabel Pengamatan Pertemuan 1 :
No
|
Nama Benda
|
Tembus Cahaya
|
Tidak Tembus Cahaya
|
1
|
Gelas Bening
|
||
2
|
Plastik Bening
|
||
3
|
Kardus
|
||
4
|
Karton Hitam
|
||
5
|
Batu Bata
|
FORMAT PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
3
4
|
Kerja sama
Kreatif
Disiplin
Rasa ingin tahu
|
* Selalu kerja sama
* Sering kerja sama
* Kadang-kadang kerja sama
* Kurang kerja sama
* Selalu kreatif
* Sering kreatif
* Kadang-kadang kreatif
* Kurang kreatif
* Selalu disiplin
* Sering disiplin
* Kadang-kadang disiplin
* Kurang disiplin
* Selalu ingin tahu
* Sering ingin tahu
* Kadang-kadang ingin tahu
* Kurang ingin tahu
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
·
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Kerja sama
|
Kreatif
|
Disiplin
|
Rasa
Ingin tahu
|
|||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Muara Bulian, November 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok : Karya
atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya
Kelas/Semester :
V/2
Alokasi Waktu : 4
x Pertemuan (8 x 35 menit)
A. Standar Kompetensi :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya
melalui kegiatan membuat suatu karya/model
B. Kompetensi Dasar :
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan
sederhana dengan menerap-kan sifat-sifat cahaya
C. Indikator :
Pertemuan 1
·
Menentukan model
yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya cakram warna,
periskop atau lensa sederhana.
·
Memilih dan
menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.
·
Menggunakan
bahan/benda yang sesuai.
·
Membuat karya/model
yang sesuai dengan rancangan.
Pertemuan 2
·
Menguji cara
kerja/model yang dibuat.
Pertemuan 3
·
Menerapkan prinsip keselamatan kerja.
Pertemuan 4
·
Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang
terbaik
D. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1
7.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat
Cahaya”, siswa mampu menentukan model yang akan
dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya cakram warna, periskop
atau lensa sederhana dengan baik dan benar.
8.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat
Cahaya”, siswa mampu memilih dan menentukan
berbagai alat/bahan yang sesuai dengan baik dan benar,
9.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat
Cahaya”, siswa mampu menggunakan bahan/benda yang sesuai dengan baik dan benar.
10. Setelah mempelajari
materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan dengan baik dan
benar.
Pertemuan 2
11.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat
Cahaya”, siswa mampu mampu menguji cara kerja/model yang dibuat baik dan benar.
Pertemuan 3
12.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat
Cahaya”, siswa mampu menerapkan prinsip keselamatan kerja dengan baik dan
benar.
Pertemuan 4
13. Setelah mempelajari
materi “Karya atau Model dengan Menerapan Sifat Cahaya " siswa mampu memodifikasi
hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik dengan baik dan
benar.
Karakter Siswa yang
diharapkan :
Kerja sama, kreatif,
disiplin, rasa ingin tahu.
E. Materi Ajar :
·
Merancang dan membuat suatu karya atau
model dengan menerapkan sifat cahaya
·
Prinsip Keselamatan Kerja
·
Modifikasi Model
F. Metode Pembelajaran :
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Praktek
G. Media Pembelajaran dan Sumber Belajar :
2 Kotak pasta gigi, lem, selotip, cutter,
pensil, penggaris, 2 cermin datar ukuran 3 cm x 3 cm.
Sumber Belajar : Buku paket Ilmu Pengetahuan
Alam Untuk SD dan MI kelas V penulis Heri sulistyanto dan Edy Wiyono
diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
H. Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
hari ini
|
· Guru memberi
salam.
· Guru meminta salah
satu siswa memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya mengenai
sifat-sifat cahaya.
·
Guru meminta siswa menyebutkan contoh peralatan
sederhana yang yang menerapkan sifat cahaya.
·
Guru menyampaikan topik pembelajaran pada
hari ini yaitu “Merancang dan membuat
suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya” dan tujuan
pembelajaran agar siswa mampu menentukan model
yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya menggunakan cakram
warna, memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai, menggunakan bahan/benda
yang sesuai dan membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan
|
· Siswa menjawab
salam.
· Salah satu siswa
memimpin doa.
· Siswa menjawab
absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
· Siswa menyebutkan
berbagai sifat cahaya.
·
Siswa menyebutkan periskop merupakan salah
satu alat yang menerapkan sifat cahaya.
·
Siswa memperhatikan penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa “Apa fungsi
periskop?
·
Guru memfasilitasi siswa dengan memberikan
jawaban yang benar.
·
Guru menjelaskan
kepada siswa bahwa ada 3 rancangan sederhana yang bisa dibuat dengan
menerapkan sifat cahaya diantaranya yaitu Periskop, kaca pembesar sederhana,
dan Cakram warna.
·
Guru menjelaskan mengenai model
yang akan dibuat yaitu periskop
·
Guru menjelaskan apa itu
periskop dan fungsinya.
·
Guru memperlihatkan alat dan
bahan yang digunakan dalam membuat periskop.
·
Guru menjelaskan rancangan periskop
yang akan dibuat.
·
Guru meminta siswa secara
berkelompok melakukan kegiatan membuat periskop menggunakan alat dan bahan
yang sudah disediakan.
·
Guru meminta perwakilan
kelompok untuk menampilkan hasil rancangan periskop yang dibuat.
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai topik “Merancang
dan membuat suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·
siswa mendengarkan penjelasan guru
·
Siswa menyimak penjelasan dari guru.
·
Siswa menyimak penjelasan guru.
·
Siswa menyimak penjelasan guru.
·
Siswa secara
berkelompok melakukan kegiatan membuat periskop menggunakan alat dan bahan
yang sudah disediakan.
·
Perwakilan siswa menampilkan hasil rancangan
periskop yang dibuat.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahuinya.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman
mengenai materi “Merancang dan
membuat suatu karya atau model dengan menerapkan sifat cahaya”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
·
Guru membenarkan kesimpulan siswa dilanjutkan
dengan kesimpulan materi pelajaran oleh guru,
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Cara
kerja model yang dibuat”
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Siswa memberikann kesimpulan pelajaran hari
ini.
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-2
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari
ini
|
·
Guru mengucapkan salam
·
Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin
doa
·
Guru mengabsen kehadiran siswa
·
Guru meminta siswa menyebutkan model rancangan yang menerapkan sifat cahaya
dan fungsinya seperti yang sudah dibuat pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru meminta siswa bernyanyi lagu pelangi-pelangi
·
Penyampaian topik : Pengujian Hasil Karya dengan Tujuan pembelajaran:
agar dapat menguji cara kerja/model yang dibuat.
|
·
Siswa menjawab salam
·
Salah satu siswa memimpin doa
·
Siswa mengonfirmasi kehadiran
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa bernyanyi lagu pelangi-pelangi
·
Siswa mendengarkan penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran dari guru
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
· Guru bertanya pada
siswa apakah tujuan
menguji hasil karya yang sudah dibuat?
·
Guru memberikan penjelasan mengenai Pengujian Hasil Karya
·
Guru meminta siswa mengisi tabel hasil pengamatan terhadap alat-alat yang telah dibuat
sebelumnya.
·
Guru memberikan postest pada siswa untuk dikerjakan
secara individu
mengenai pengujian alat dan bahan.
·
Guru bersama siswa membahas jawaban postest
siswa
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui oleh siswa pada
topik ”Pengujian
Hasil Karya”
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai
topik”Pengujian
Hasil Karya”
|
·
Siswa menyampaikan pendapatnya
·
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan
guru
·
Siswa
mengisi tabel sesuai dengan praktek yang sudah dilakukan pada pertemuan
sebelmnya.
·
siswa mengerjakan postest secara individu.
·
Siswa bersama guru membahas jawaban postest
·
Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui oleh siswa pada topik” Pengujian Hasil Karya”
·
Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai topic
“Pengujian Hasil Karya”
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
·
Guru
membenarkan kesimpulan siswa dilanjutkan dengan kesimpulan materi pelajaran
oleh guru
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Prinsip Keselamatan Kerja”
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Siswa memberikann kesimpulan pelajaran hari ini.
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-3
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
hari ini
|
· Guru memberi
salam.
· Guru meminta salah
satu siswa memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya (Apa
tujuan dari pengujian hasil karya yang sudah dibuat?).
·
Guru meminta siswa menyanyikan lagu “Burung
Kutilang”
·
Guru menyampaikan topik yaitu Prinsip
Keselamatan Kerja dengan tujuan agar siswa mampu menerapkan prinsip keselamatan
kerja dengan baik dan benar.
|
· Siswa menjawab
salam.
· Salah satu siswa
memimpin doa.
· Siswa menjawab
absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
· Siswa menjawab
pertanyaan dari guru
· Siswa menyanyikan
lagu “Burung Kutilang”.
· Siswa
memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa “Apa yang dimaksud
prinsip keselamatan kerja?”
·
Guru memfasilitasi
siswa dengan memberikan jawaban yang benar.
·
.Guru memberi penjelasan materi
prinsip keselamatan kerja berkaitan dengan karya yang sudah dibuat pada
pertemuan sebelumnya.
·
Guru memberikan tugas kepada
siswa berupa soal essay.
·
Guru bersama siswa membahas
tugas yang sudah dikerjakan siswa.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab mengenai
hal-hal yang belum diketahui siswa pada topik “Prinsip Keselamatan Kerja”.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai topik “ Prinsip Keselamatan Kerja”
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru.
·
Guru bersama siswa membahas
tugas yang sudah dikerjakan siswa.
·
Siswa bersama guru bertanya jawab mengenai
hal-hal yang belum diketahui pada topic “Prinsip Keselamatan Kerja”
·
Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman mengenai topik “Prinsip Keselamatan Kerja”
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
·
Guru membenarkan penyampaian kesimpulan siswa
dan dilanjutkan dengan penyampaian kesimpulan oleh guru.
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Modifikasi Model Rancangan”.
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Siswa memberikan kesimpulan pelajaran hari
ini.
·
Siswa mendengarkan penyampaian kesimpulan
oleh guru.
·
Siswa menyimak penyampaian guru.
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-4
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
hari ini
|
·
Guru memberi salam
·
Guru memerintahkan salah satu siswa untuk
memimpin do’a
·
Guru mengabsen kehadiran siswa
·
Guru bertanya kepada siswa tentang materi
pada pertemuan sebelumnya “Apa saja prinsip keselamatan kerja”.
·
Guru bertanya kepada siswa apakah model yang
sudah dibuat masih bisa dimodifikasi?
·
Guru menyampaikan topik pembelajaran hari ini
“Modifikasi Model”. Tujuan pembelajaran agar siswa mampu memodifikasi hasil
rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik dengan baik dan benar
|
·
Siswa menjawab salam
·
Siswa berdo’a
·
Siswa mengkonfirmasi kehadiran
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa mendengarkan penyampaian guru.
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa (Menurut
pendapatmu, bagaimana cara memodifikasi rancangan periskop yang sudah dibuat?
·
Guru menjelaskan kepada siswa bahwa periskop
yang sudah dirancang dapat dimodifikasi dengan membuat model dengan wilayah
pandang yang lebih luas, menambahkan sebuah cermin datar atau pun membuat dua
lubang pandang yang dapat dibuka dan ditutup.
·
Guru mengajak siswa untuk memodifikasi model
rancangan periskop yang sudah dibuat siswa secara berkelompok.
·
Guru meminta perwakilan kelompok menampilkan
model hasil rancangan periskop yang sudah dimodifikasi.
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui oleh siswa .
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman mengenai topic ”Modifikasi Model”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan guru
·
Siswa mengikuti
instruksi guru
·
Perwakilan siswa menampilkan model periskop
yang sudah dimodifikasi.
· Siswa bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
· Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai topik “Modifikasi
Model”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru meminta siswa menyimpulkan materi
pelajaran hari ini.
·
Guru membenarkan kesimpulan yang disampaikan
oleh siswa dilanjutkan dengan penyampaian kesimpulan oleh guru.
·
Guru menyampaikan topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Struktur Bumi dan Matahari”
·
Guru mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini.
·
Siswa menyimak apa yang disampaikan oleh guru
.
·
Siswa menyimak penyampaian topic oleh guru.
·
Siswa menjawab salam.
|
10 Menit
|
I. Penilaian Hasil Belajar :
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
Pertemuan 1
1.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model
dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya,
misalnya cakram warna, periskop atau lensa sederhana dengan baik dan benar.
2.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model
dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai dengan baik dan
benar,
3.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model
dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu
menggunakan bahan/benda yang sesuai dengan baik dan
benar.
4.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model
dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan dengan baik dan
benar.
Pertemuan 2
5.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model
dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu mampu menguji cara kerja/model
yang dibuat baik dan benar.
Pertemuan 3
6.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model
dengan Menerapan Sifat Cahaya”, siswa mampu menerapkan prinsip keselamatan
kerja dengan baik dan benar.
Pertemuan 4
7.
Setelah mempelajari materi “Karya atau Model dengan Menerapan
Sifat Cahaya " siswa mampu memodifikasi hasil rancangan untuk
menghasilkan karya/model yang terbaik dengan baik dan benar.
|
Tulisan
Tulisan
Tulisan
Lisan
|
Essay
Laporan
Essay
Laporan
|
Carilah olehmu apakah periskop
juga digunakan oleh benda lain selain kapal
selam. Jika kamu
menemukannya, tuliskan kegunaan periskop pada benda tersebut
·
Apakah alat tersebut dapat
digunakan dengan baik?
·
Apakah alat dan bahan yang
digunakan sudah sesuai dengan rancangan awal sebelum alat tersebut dibuat?
1.
Sebutkan prinsip-prinsip
keselamatan kerja!
2.
Coba ceritakan apakah kesulitan
yang kamu hadapi pada saat membuat periskop!
Bagaimana cara kamu memodifikasi
periskop? Diskusikan ke depan kelas.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Soal
|
Kriteria Penilaian
|
Pertemuan 1
1.
Apa fungsi periskop?
2.
Carilah olehmu
apakah periskop juga digunakan oleh benda lain selain kapal selam. Jika kamu
menemukannya, tuliskan kegunaan periskop pada benda tersebut.
3.
Apa saja alat dan
bahan dalam mebuat periskop?
4.
Apakah kesulitan
dalam membuat periskop? Jelaskan.
|
Benar 1 skor =
25
Salah 1 skor
= 0
|
Pertemuan 2
5. Apakah
alat tersebut dapat digunakan dengan baik?
6.
Apakah alat
tersebut sudah sesuai dengan fungsinya?
7.
Apakah alat dan
bahan yang digunakan sudah sesuai dengan rancangan awal sebelum alat tersebut
dibuat?
8.
Apakah alat dan
bahan yang digunakan sudah sesuai dengan fungsinya masing-masing pada alat
yang kita buat?
9.
Adakah alat dan
bahan lain yang dapat digunakan untuk membuat model atau karya tersebut?
|
Benar 1 skor = 20
Salah 1 skor = 0
|
Pertemuan 3
6.
Sebutkan prinsip-prinsip keselamatan kerja!
7.
Coba ceritakan apakah kesulitan yang kamu hadapi pada saat
membuat periskop!
|
Benar 1 skor = 50
Salah 1 skor = 0
|
Pertemuan 4
Teknik penilaian :
Lisan
|
-
|
FORMAT PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2
3
4
|
Kerja sama
Kreatif
Disiplin
Rasa ingin tahu
|
* Selalu kerja sama
* Sering kerja sama
* Kadang-kadang kerja sama
* Kurang kerja sama
* Selalu kreatif
* Sering kreatif
* Kadang-kadang kreatif
* Kurang kreatif
* Selalu disiplin
* Sering disiplin
* Kadang-kadang disiplin
* Kurang disiplin
* Selalu ingin tahu
* Sering ingin tahu
* Kadang-kadang ingin tahu
* Kurang ingin tahu
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
·
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Kerja sama
|
Kreatif
|
Disiplin
|
Rasa
Ingin tahu
|
|||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Muara
Bulian, November 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
.................................. ..................................
NIP : NIP :
PENUTUP
A. Saran
Pada umumnya, guru sudah mempunyai
bekal penguasaan terhadap bidang ilmunya tetapi masih kurang terampil dalam
menyampaikan materi bidang tersebut kepada peserta didik . Keterampilan Dasar
Mengajar ( Generic Teaching Skill), yaitu keterampilan yang bersifat generic
yang harus dikuasai oleh seorang guru, terlepas dari tingkatan kelas dan bidang
studi yang diajarkan.Jika media pembelajaran yang dibuat guru sudah menarik namun
kompetensi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kurang baik, maka
pembelajaranakan berlangsung kurang optimal.
B.
Solusi
Keberhasilan dalam suatu
pembelajaran salah satunya ditentukan oleh bagaimana proses itu berlangsung. Di
samping itu proses interaksi belajar,
pada prinsipnya sangat tergantung pada guru dan peserta didiknya. Guru dituntut
untuk menciptakan suasana belajar yang lebih baik dan nyaman , sehingga peserta
didik akan termotivasi dalam belajar. Setiap guru menginginkan proses pembelajaran
yang dilaksanakannya menyenangkan dan berpusat pada peserta didik (student
centered) , peserta didik antusias menjawab pertanyaan atau memberika pendapat,
bertukar informasi, dan saling memberi semangat. Sehingga guru memang harus berkompeten dalam
mengajar, baik dalam kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan sosial
dengan memantapkan keempat kompetensi guru ini diharapkan agar guru dapat
mengajar dengan sebaik-baiknya , sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai .
Proses pembelajaran melibatkan beberapa komponen diantaranya adalah perencanaan
dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Sudah menjadi tugas guru untuk membuat
persiapan mengajar atau membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan
melaksanakan RPP dalam kegiatan belajar. Perencanaan pembelajaran akan
menentukan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Jika perencanaan baik maka
proses pembelajaran akan berjalan efektif. Dalam menyusun rencana pembelajaran
sebaiknya guru memahamai bahwa proses belajar adalah proses berpikir. Guru sebaiknya
merencanakan pembelajaran yang selain membuat siswa aktif tetapi juga bisa
membuat siswa berpikir. Melalui kegiatan eksplorasi, siswa dituntut untuk bisa
mengeluarkan pendapat dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dimilikimya. Guru
harus bisa menciptakan suasana belajar bermakna bagi siswa, dalam proses
berpikir, apa yang dipelajari siswa dapat dimaknai oleh siswa.
C.
Kesan
Pada
pembelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar
ini, pembelajaran yang dilakukan secara praktek dapat melatih siswa SD
untuk dapat menerapkan konsep-konsep IPA yang telah dipahami ke dalam bentuk
latihan mengembangkan kompetensi kerja ilmiah secara bijaksana, kreatif,
inovatif dan bekerja sama. Kegiatan latihan yang diberikan berupa kreativitas
merancang , membuat, dan menggunakan model rancangan sederhana.
D.
Pesan
Agar pembelajaran dapat optimal dan
sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat guru dalam hal pembuatan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) terutama dalam kegiatan praktek yang
dilaksanakan pada mata pelajaran IPA kelas V SD materi Cahaya dan
sifat-sifatnya untuk pengadaan alat dan bahan sebaiknya sudah disediakan dari
pihak sekolah yang dipertanggung jawabkan oleh guru kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar