KELAS 6 SEKOLAH DASAR
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar
DOSEN PENGAMPU :
ISSAURA SHERLY PAMELA, M.Pd
DISUSUN OLEH
Kelompok 6





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat, karunia, serta
taufik dan hidayahNya kami dapat menyelesaikan tugas “Rencana
Pelaksanaan
Pembelajaran Sekolah
Dasar”
ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima
kasih kepada Ibu Issaura
Sherly Pamela,
M.Pd
selaku dosen mata kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar
yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap tugas ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai cara
membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang terstruktur. Kami juga menyadari sepenuhnya
bahwa didalam tugas ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Semoga tugas rencana
pelaksanaan
pembelajaran sederhana ini dapat dipahami bagi
siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat
berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon
maaf apabila terdapat kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan dan kami
memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dimasa depan.
Muara Bulian, November 2016
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii
RPP SK 6 KD 6.1 ............................................................................................................. 1
RPP SK 6 KD 6.2 ............................................................................................................. 16
KESAN DAN PESAN ...................................................................................................... 30
SARAN DAN SOLUSI .................................................................................................... 30
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : ......................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok : Perubahan
Benda
Kelas/Semester : VI/2
Alokasi Waktu : 3 x
Pertemuan (6
x 35 menit)
A.
Standar
Kompetensi :
6. Memahami faktor penyebab
perubahan benda.
B.
Kompetensi
Dasar :
6.1
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan.
C.
Indikator
:
·
Menyebutkan faktor-faktor penyebab
terjadinya perubahan pada benda
(perkaratan, pembusukan, dll)
·
Memahami faktor-faktor penyebab
pelapukan pada benda melalui pengamatan.
·
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pembusukkan pada
benda.
·
Memprediksi dan menyimpulkan faktor
penyebab pembusukan.
·
Menentukan jenis bahan benda sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Setelah
mempelajari materi “Perubahan
Benda”,
siswa mampu menyebutkan
faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan
pada benda (perkaratan, pembusukan, dll) dengan baik dan benar.
2. Setelah
mempelajari materi “Perubahan
Benda”,
siswa mampu memahami
faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan dengan baik dan
benar.
3. Setelah
mempelajari materi “Perubahan
Benda”,
siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pembusukkan pada benda
dengan baik dan benar.
4. Setelah
mempelajari materi “Perubahan
Benda”,
siswa mampu mampu memprediksi
dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan dengan baik dan benar.
5. Setelah
mempelajari materi “Perubahan
Benda”,
siswa mampu menentukan
jenis bahan benda sesuai
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
Karakter
Siswa yang diharapkan :
Kerja
keras, kreatif, mandiri,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan
E.
Materi
Ajar :
a) Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda
b) Pemilihan dan Pemanfaatan
Benda
F.
Metode
Pembelajaran :
Ø Ceramah,
Tanya Jawab, Diskusi, Praktek
G.
Media
Pembelajaran :
·
Besi berkarat & besi yang dilapisi
cat/nikel.
·
Kayu lapuk.
·
Tembok yang lapuk.
·
Tabel pengamatan
·
Gambar buah dan makanan yang telah
mengalami pembusukan
·
Gambar ban mobil, cermin, mobil mainan
dari kayu, mobil, setrika, kursi, lemari, dan kaca mobil
H.
Sumber
Belajar :
Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam
Untuk SD dan MI kelas VI
penulis S. Rositawati
dan
Aris
Muharam
diterbitkan
oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
I.
Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
·
Guru memberi salam.
·
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya mengenai peristiwa perkaratan yang sering
dijumpai
dalam
kehidupan
sehari-hari.
·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran mengenai
“Perubahan Benda” dan yang akan
di
bahas
adalah
Faktor-faktor
Penyebab
Perubahan
Benda
serta
Pemilihan
dan
Pemanfaatan Benda. Adapun
yang akan dibahas pada hari ini mengenai “Faktor-faktor
Penyebab
Perubahan Benda”
dengan tujuan pembelajaran
agar siswa mampu menyebutkan
faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan
pada benda ( perkaratan, pembusukan, dll) dan memahami faktor-faktor penyebab
pelapukan pada benda melalui pengamatan dengan baik dan benar.
|
· Siswa
menjawab salam.
· Salah
satu siswa memimpin doa.
· Siswa
menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
· Siswa menyebutkan contoh peristiwa perkaratan yang mereka
ketahui.
·
Siswa memperhatikan penyampaian
materi dan
tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai peristiwa perubahan pada benda
(Sebutkan peristiwa perubahan pada benda yang kalian ketahui!).
·
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang jenis-jenis perubahan benda.
·
Guru bertanya kepada siswa tentang faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda.
·
Guru memberikan penugasan kepada siswa secara berkelompok yaitu melakukan pengamatan proses pelapukan kertas.
·
Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk mengkomunikasikan
hasil pengamatannya
di
depan kelas.
·
Guru bersama siswa membahas tugas dan pengamatan yang sudah dilakukan siswa.
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Perubahan Benda”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa mendengarkan
penjelasan guru.
·
Siswa menyebutkan faktor-faktor
penyebab
pelapukan
pada
benda.
·
Siswa melakukan pengamatan proses pelapukan
kertas
secara
berkelompok.
·
Perwakilan kelompok mengkomunikasikan
hasil
pengamatannya
di depan
kelas.
·
Siswa bersama guru membahas tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahuinya.
·
Siswa bersama guru bertanya
jawab
meluruskan
kesalahan
pemahaman
mengenai
materi “Perubahan Benda”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru menyampaikan topik pelajaran
untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai
“Faktor-faktor Penyebab Pembusukan pada Benda”.
·
Guru mengucapkan salam kepada
siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-2
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran hari ini
|
· Guru
memberi salam.
· Guru
meminta salah satu siswa memimpin doa.
· Guru
mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya materi pelajaran
sebelumnya (apa saja faktor-faktor pelapukan pada benda).
·
Guru menjelaskan tentang makanan
sehat
·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran pada yaitu mengenai “Perubahan benda” dengan pokok bahasan
antara lain “faktor-faktor penyebab perubahan pada benda serta pemilihan dan
pemanfaatan benda” dan yang akan dibahas pada hari ini adalah “faktor-faktor
penyebab pembusukan pada benda” dengan tujuan pembelajaran adalah “agar siswa
mampu Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pembusukkan pada
benda dan agar siswa mampu Memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab
pembusukan”
|
· Siswa
menjawab salam.
· Salah
satu siswa memimpin doa.
· Siswa
menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
· Siswa menyebutkan apa
saja faktor-faktor pelapukan pada benda.
· Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru.
· Siswa
memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa pernahkah
kalian melihat buah yang busuk?
·
Guru bertanya kepada siswa pernahkah
kalian melihat makanan yang busuk?
·
Guru bertanya kepada siswa
menurut kalian sebenarnya pembusukan itu apa sih?
·
Guru menjelaskan tentang apa
itu pembusukan.
· Guru
menunjukkan media pembelajaran berupa gambar buah dan makanan yang masih
segar dan yang telah mengalami pembusukan.
· Guru
bertanya kepada siswa mengapa buah dan makanan ini mengalami pembusukan.
· Guru
meluruskan pendapat siswa dan menjelaskan faktor-faktor penyebab pembusukan
pada buah dan makanan.
· Guru
bertanya kepada siswa bagaimana cara mencegah pembusukan
· Guru
menjelaskan cara mencegah pembusukan
· Guru
memberikan tugas Individu kepada siswa dan dikerjakan dalam waktu 15 menit
· Guru
bersama siswa membahas tugas yang telah dikerjakan oleh siswa
· Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
· Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi
“faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda”.
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa memperhatikan media
pembelajaran berupa gambar yang diperlihatkan oleh guru
·
Siswa bergantian menunjuk tangan
dan menyampaikan pendapatnya
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
·
Siswa menyampaikan pendapatnya
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru
·
Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru secara individu dalam waktu 15 menit
·
Siswa bersama guru membahas tugas
yang telah dikerjakan.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahuinya.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “faktor-faktor
penyebab pembusukan pada benda”.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
·
Salam
|
· Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan
materi pelajaran hari ini
· Guru
menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai
“Menentukan jenis bahan benda sesuai Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari”
· Guru
mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-3
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran hari ini
|
· Guru
memberi salam.
· Guru
meminta salah satu siswa memimpin doa.
· Guru
mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya materi pelajaran
sebelumnya (apa saja faktor penyebab pembusukkan pada benda).
·
Guru memotivasi siswa melalui
penjelasan mengenai sumber daya alam
·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran pada yaitu mengenai “Perubahan benda” dengan pokok bahasan
antara lain “faktor-faktor penyebab perubahan pada benda serta pemilihan dan
pemanfaatan benda” dan yang akan dibahas pada hari ini adalah “bahan benda
sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari” dengan tujuan pembelajaran
adalah “agar siswa mampu menentukan jenis bahan benda sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari”
|
· Siswa
menjawab salam.
· Salah
satu siswa memimpin doa.
· Siswa
menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
· Siswa menyebutkan apa saja faktor
penyebab pembusukkan pada benda.
· Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru.
· Siswa
memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru meminta siswa memperhatikan benda disekitarnya, kemudian guru bertanya kepada siswa tersusun
atas apakah benda-benda tersebut ?
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai benda yang dapat
digolongkan ke dalam bahan
umum penyusun benda.
·
Guru menjelaskan tentang bahan umum penyusun benda
· Guru
menunjukkan media pembelajaran berupa gambar ban mobil, cermin, mobil mainan
dari kayu, mobil, setrika, kursi, lemari, dan kaca mobil.
· Guru
meminta siswa mencocokkan berbagai gambar sesuai dengan bahan penyusunnya.
· Guru
dan siswa mengoreksi jawaban dari tugas mencocokkan gambar
· Guru
menjelaskan pemanfaatan benda penyusun
· Guru
memberikan tugas Individu kepada siswa dan dikerjakan dalam waktu 15 menit
· Guru
bersama siswa membahas tugas yang telah dikerjakan oleh siswa
· Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
· Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi.
|
·
Siswa memperhatikan benda disekitarnya dan menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa memperhatikan media
pembelajaran berupa gambar yang diperlihatkan oleh guru
·
Siswa mengerjakan perintah guru
·
Siswa dan guru mengoreksi jawaban
dari tugas mencocokkan gambar
·
Siswa mendengarkan penjelasan
dari guru
·
Siswa mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru secara individu dalam waktu 15 menit
·
Siswa bersama guru membahas tugas
yang telah dikerjakan.
·
Siswa bertanya jawab
tentang
hal-hal yang belum
diketahuinya.
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi.
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Pekerjaan Rumah (PR)
·
Penyampaian topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
·
Salam
|
· Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan
materi pelajaran hari ini
· Guru
memberikan PR halaman 98
· Guru
menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai
“Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya.”
· Guru
mengucapkan salam kepada siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mencatat PR dari guru
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
J.
Penilaian
Hasil Belajar :
Tujuan Pembelajaran
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
1. Setelah
mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu menyebutkan faktor-faktor penyebab
terjadinya perubahan pada benda
(perkaratan, pembusukan, dll) dengan baik dan benar.
2. Setelah
mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu memahami faktor-faktor penyebab
pelapukan pada benda melalui pengamatan dengan baik dan benar.
3. Setelah
mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab pembusukkan pada
benda dengan baik dan benar.
4. Setelah
mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu mampu memprediksi dan menyimpulkan
faktor penyebab pembusukan dengan baik dan benar.
5. Setelah
mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu menentukan jenis bahan benda sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar
|
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Tugas
individu
Tugas
individu
tugas
individu
|
Essay
Essay
Pilihan
ganda
Pilihan
ganda
essay
|
Apakah persamaan
dari proses pelapukan,perkaratan, dan pembusukan?
Apa yang
terjadi pada kertas, apakah sama dengan kondisi kertas sebelum direndam dan
sesudah direndam?
Buah
mangga jika disimpan terlalu lama akan ....
a.
membusuk
b.
tambah segar
c.
cepat masak
d.
tercium harum
Sayuran
yang telah busuk seharusnya dibuang. Ciri sayuran telah membusuk
adalah
....
a.
masih terlihat segar
b.
jika dipegang, terasa lembek atau lunak
c.
warnanya masih cerah
d.
tidak berbau
Mengapa
paku terbuat dari logam?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Selalu Pengetahuan
* Sering Pengetahuan
* Kadang-Kadang
Pengetahuan
* Jarang Pengetahuan
* Kurang Pengetahuan
* Selalu Praktek
* Sering Praktek
* Kadang-Kadang
Praktek
* Jarang Praktek
* Kurang Praktek
* Selalu Sikap
* Sering Sikap
* Kadang-Kadang Sikap
*Jarang Sikap
* Kurang Sikap
|
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
|
LEMBARPENILAIAN
No
|
NamaSiswa
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Jambi,
November 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
.................................. ..................................
NIP
: NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
......................................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA)
Materi
Pokok : Struktur dan sifat
bahan/benda dan pemanfaatannya
Kelas/Semester : VI/2
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. Standar
Kompetensi :
6.
Memahami faktor penyebab perubahan benda.
B. Kompetensi
Dasar :
6.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilahan benda/ bahan untuk
tujuan tertentu. (Karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
:
Pertemuan
ke-1 dan ke-2 :
·
Mengidentifikasi
struktur dan sifat bahan.
Pertemuan
Ke-3 :
·
Mendeskripsikan
& mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis
D. Tujuan
Pembelajaran :
Pertemuan
ke-1 :
·
Setelah
mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa
mampu mengidentifikasi struktur dan sifat bahan dengan baik dan benar.
Pertemuan
ke-2 :
·
Setelah
mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa
mampu menunjukkan pemanfaatan bahan menurut sifatnya dengan baik dan benar.
Pertemuan
ke-3 :
·
Setelah
mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa
mampu menguraikan & mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara
tertulis dengan baik dan benar.
Karakter Siswa yang diharapkan :
·
Religius,
jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan tanggung
jawab.
E. Materi
Ajar :
Pertemuan
ke-1 :
·
Sifat-sifat
Benda atau Bahan :
1.
Karet 2. Logam 3. Kayu 4. Plastik
Pertemuan
ke-2 :
·
Pemanfaatan
Bahan menurut Sifatnya :
1.
Karet 2. Logam 3. Kayu 4. Plastik
Pertemuan
ke-3 :
·
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Perubahan Benda :
1.
Suhu 2. Kelembapan 3. Kuman dan mikroba 4. Serangga 5. Kadar garam 6.
Keasaman
F. Metode
Pembelajaran :
Ceramah,
diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, eksperimen, demonstrasi.
G. Media
Pembelajaran :
·
Karet
gelang
·
Uang
logam
·
Kantong
plastik
·
Botol
air mineral
·
Penghapus
·
Balon
·
Mainan
kayu
H. Kegiatan
Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Langkah-Langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
·
Guru memberi salam.
·
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya mengenai macam-macam perubahan yang
terjadi pada benda
·
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Balonku” untuk menambah semangat siswa dalam
belajar
·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran mengenai
“Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya” yang terdiri dari
sifat-sifat benda atau bahan, pemanfaatan bahan menurut sifatnya,
faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda. Adapun
yang akan
dibahas pada hari ini mengenai “sifat-sifat benda atau bahan” dengan
tujuan pembelajaran agar siswa mampu mengidentifikasi struktur dan
sifat bahan dengan baik dan benar.
|
·
Siswa menjawab salam.
·
Salah satu siswa memimpin doa.
·
Siswa menjawab absen dari guru dan
menyebutkan siswa yang tidak hadir.
·
Siswa menyebutkan macam-macam perubahan yang
terjadi pada benda yang mereka ketahui
·
Siswa
menyanyikan lagu “Balonku” dengan semangat
·
Siswa memperhatikan penyampaian
materi dan tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai apa saja benda-benda yang ada
dikelas.
·
Guru
bertanya terbuat dari apa benda-benda tersebut.
·
Guru menjelaskan kepada siswa tentang bahan dan sifatnya
·
Guru
membentuk kelompok kecil siswa yang terdiri dari 5 orang siswa dan memberikan
karet gelang, uang logam, kantong
plastik, botol air mineral, penghapus, mainan kayu dan balon. Kemudian guru
meminta tiap kelompok mencatat benda tersebut terbuat dari bahan apa dan
bagaimana sifat-sifat benda tersebut
·
Guru
meminta tiap perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya
·
Guru menjelaskan secara rinci kepada siswa tentang sifat dari bahan kayu, logam,
plastik dan karet
·
Guru
memberi latihan soal kepada siswa
·
Guru
dan siswa membahas soal yang telah dikerjakan siswa
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”
|
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa
melaksanakan instruksi dari guru
·
Perwakilan
kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa
mengerjakan soal
·
Siswa bersama guru membahas soal yang sudah dikerjakan.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal
yang belum
diketahuinya.
·
Siswa bersama guru
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Struktur dan sifat bahan/benda
dan pemanfaatannya”
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru menyampaikan topik pelajaran
untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”
·
Guru mengucapkan salam kepada
siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
Siswa
menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-2
Langkah-Langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
·
Guru memberi salam.
·
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya mengenai sifat bahan.
·
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Bermain Layang - Layang” untuk menambah
semangat siswa dalam belajar
·
Guru menyampaikan materi pembelajaran
mengenai
“Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya” yang terdiri dari
sifat-sifat benda atau bahan, pemanfaatan bahan menurut sifatnya,
faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda. Adapun
yang akan
dibahas pada hari ini mengenai “Pemanfaatan Bahan Menurut
Sifatnya” dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menunjukkan
pemanfaatan bahan menurut sifatnya dengan baik dan benar.
|
·
Siswa menjawab salam.
·
Salah satu siswa memimpin doa.
·
Siswa menjawab absen dari guru dan
menyebutkan siswa yang tidak hadir.
·
Siswa menyebutkan sifat bahan yang mereka ketahui
·
Siswa
menyanyikan lagu “Bermain Layang - Layang” dengan semangat
·
Siswa memperhatikan penyampaian
materi dan tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai apa saja benda-benda yang ada
dikelas.
·
Guru
bertanya terbuat dari apa benda-benda tersebut.
·
Guru menjelaskan kepada siswa tentang bahan yang dapat dibuat menjadi benda
yang dapat digunakan.
·
Guru
menginstruksikan tiap siswa untuk mencatat benda apa saja yang terbuat dari
karet, kayu, logam, dan plastik yang ada disekitar sekolah dengan membuat
tabel.
·
Guru
meminta beberapa siswa untuk menyampaikan hasil yang didapat.
·
Guru
memberikan postest untuk dikerjakan siswa
·
Guru
dan siswa membahas postest yang telah dikerjakan siswa
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”
|
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa
melaksanakan instruksi dari guru
·
Siswa
menyampaikan hasil diskusi
·
Siswa
mengerjakan soal
·
Siswa bersama guru membahas postest yang sudah dikerjakan.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal
yang belum
diketahuinya.
·
Siswa bersama guru
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut
Sifatnya”
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru menyampaikan topik pelajaran
untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Benda”
·
Guru mengucapkan salam kepada
siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
Pertemuan ke-3
Langkah-Langkah
pembelajaran :
Kegiatan
|
Guru
|
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Pendahuluan
·
Salam
·
Doa
·
Absen
·
Apersepsi
·
Motivasi
·
Penyampaian topik dan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
·
Guru memberi salam.
·
Guru meminta salah satu siswa
memimpin doa.
·
Guru mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru bertanya mengenai pemanfaatan bahan menurut
sifatnya
·
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang pentingnya menjaga benda di sekeliling kita.
·
Guru menyampaikan materi
pembelajaran mengenai
“Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya” yang terdiri dari
sifat-sifat benda atau bahan, pemanfaatan bahan menurut sifatnya,
faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda. Adapun
yang akan
dibahas pada hari ini mengenai “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi
Perubahan Benda” dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menguraikan &
mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis dengan baik dan benar.
|
·
Siswa menjawab salam.
·
Salah satu siswa memimpin doa.
·
Siswa menjawab absen dari guru dan
menyebutkan siswa yang tidak hadir.
·
Siswa menyebutkan pemanfaatan bahan menurut
sifatnya yang mereka ketahui
·
Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru
·
Siswa memperhatikan penyampaian
materi dan tujuan pembelajaran.
|
10 Menit
|
2. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
·
Elaborasi
·
Konfirmasi
|
·
Guru bertanya kepada siswa mengenai benda apa disekitar yang mudah
lapuk, busuk dan berkarat.
·
Guru
bertanya mengapa benda tersebut dapat berubah
·
Guru menjelaskan kepada siswa tentang perubahan benda
·
Guru menjelaskan kepada siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi
perubahan benda melalui gambar yang ditampilkan pada infocus.
·
Guru
membentuk sebuah kelompok kecil (3-4 orang) dan memberikan intruksi :
Carilah benda-benda di sekelilingmu yang
mengalami perubahan. Setelah kalian menemukan benda-benda tersebut, cobalah
untuk mengamati dan memperkirakan apa yang menyebabkan benda-benda tersebut
berubah!
·
Guru
meminta perwakilan kelompok siswa untuk menyampaikan hasil diskusi.
·
Guru
memberikan postest untuk dikerjakan siswa
·
Guru
dan siswa membahas postest yang telah dikerjakan siswa
·
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”
|
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru.
·
Siswa menjawab pertanyaan
guru sesuai yang diketahui.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru.
·
Siswa mendengarkan penjelasan
guru dan memperhatikan gambar yang
ditampilkan
·
Siswa
melaksanakan instruksi dari guru
·
Siswa
perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
·
Siswa
mengerjakan postest
·
Siswa bersama guru membahas postest yang sudah dikerjakan.
·
Siswa bertanya tentang hal-hal
yang belum
diketahuinya.
·
Siswa bersama guru
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut
Sifatnya”
|
50 Menit
|
3.Penutup
·
Menyimpulkan materi
·
Penyampaian topik pelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
·
Salam
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Guru menyampaikan topik pelajaran
untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Gaya dan Gerak”
·
Guru mengucapkan salam kepada
siswa
|
·
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pelajaran hari ini
·
Siswa mendengarkan penyampaian
guru
·
Siswa menjawab salam
|
10 Menit
|
I. Sumber
Belajar :
Buku Sekolah
Elektronik (BSE) Ilmu Pengetahuan Alam 6 untuk SD/MI kelas 6. Penulis
Pama dan Leyn Surono. Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan
Nasional.
J. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
·
Setelah
mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa
mampu mengidentifikasi struktur dan sifat bahan dengan baik dan benar.
·
Setelah
mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa
mampu menunjukkan pemanfaatan bahan menurut sifatnya dengan baik dan benar.
·
Setelah
mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa
mampu menguraikan & mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda
secara tertulis dengan baik dan
benar.
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas Kelompok
|
Soal Essay
Pilihan Ganda
Essay
|
·
Alat-alat listrik, seperti kabel
dan stop kontak dilapisi plastik. Menurutmu,apa alasan penggunaan plastik
pada alat listrik tersebut?
·
Karet dipilih sebagai bahan
pembuat jok karena ... .
a. lentur/elastis
b. penghantar listrik yang baik
c. penghantar listrik yang buruk
d. ringan dan mudah dibentuk
·
Carilah benda-benda di
sekelilingmu yang mengalami perubahan. Setelah kalian menemukan benda-benda
tersebut, cobalah untuk mengamati dan memperkirakan apa yang menyebabkan
benda-benda tersebut berubah!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua
Salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Selalu Pengetahuan
* Sering
Pengetahuan
*
Kadang-Kadang
Pengetahuan
* Jarang Pengetahuan
* Kurang
Pengetahuan
* Selalu Praktek
* Sering
Praktek
*
Kadang-Kadang
Praktek
* Jarang Praktek
* Kurang Praktek
* Selalu Sikap
* Sering
Sikap
*
Kadang-Kadang
Sikap
*Jarang Sikap
* Kurang Sikap
|
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
|
LEMBARPENILAIAN
No
|
NamaSiswa
|
Performansi
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial
Jambi,
November 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
.................................. ..................................
NIP : NIP
KESAN
DAN PESAN
Hal pertama yang dicari ketika mendapat
bagian mengerjakan rpp kelas 6 adalah melihat berapa jumlah jam pelajaran.
Ketika tahu jumlah JP adalah 12 maka rasanya sedikit lega karena 6 JP telah
dikerjakan saat membuat RPP kelompok, dan ini berarti tinggal 6 JP yang harus
dibuat dari awal. 3 pertemuan tersebut terdapat dalam 1 KD sehingga meringankan
pekerjaan.
Awal mengerjakan dari judul hingga
pertemuan pertama cukup memakan waktu lama karena harus mencocokkan silabus
dengan buku, menentukan pertemuan berdasarkan indikator serta kegiatan inti
yang harus mencapai tujuan pembelajaran. Baru kemudian saat mengerjakan
pertemuan ke-2 dan ke-3 mulai terbiasa untuk berpikir dan tangan juga terbiasa
untuk mengetik. Dan dalam sehari untungnya ke-3 pertemuan telah diselesaikan
dan dapat memperbaiki untuk 3 pertemuan yang dikerjakan kelompok.
SARAN
DAN SOLUSI
Ketika akan membuat rpp hal yang harus
dipersiapkan diawal yaitu adalah silabus dan buku pelajaran. Antara silabus
dengan buku harus ada kesesuaian, maka dari itu carilah buku yang paling sesuai
dengan silabus. Kemudian lihat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang
akan dikerjakan, jam pelajaran untuk menentukan jumlah pertemuan dan indikator
disesuaikan dengan jumlah pertemuan. Buat media pembelajaran yang menarik namun
tidak mengeluarkan banyak biaya. Dan yang terakhir adalah menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran mulai dari judul, identitas, standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, tujuan, sampai dengan tanda tangan guru dan kepala
sekolah.
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusFind your 김제 출장안마 way around 안성 출장마사지 the casino, find where everything is located 의정부 출장안마 with your mouse! Save time and money, read customer reviews 의왕 출장샵 and 고양 출장마사지 compare customer