Kamis, 10 November 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 6 SEKOLAH DASAR





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS 6 SEKOLAH DASAR

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar



DOSEN PENGAMPU :
ISSAURA SHERLY PAMELA, M.Pd

DISUSUN OLEH
Kelompok 6

*                  NUR AMALINA                     ( A1D115002)
*                  YANA NURHASANAH.S      (A1D115005)
*                  INESTI RAHAYU PUTRI     (A1D115015)
*                  FERNITA SETIA ANANDA (A1D115025)
*                  TRIA YULIANA                     (A1D115037)



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN  DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2016



KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat, karunia, serta taufik dan hidayahNya kami dapat menyelesaikan tugas “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar” ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih kepada Ibu Issaura Sherly Pamela, M.Pd selaku dosen mata kuliah Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap tugas ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai cara membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang terstruktur. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa didalam tugas ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Semoga tugas rencana pelaksanaan pembelajaran sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dimasa depan.



Muara Bulian, November 2016


                                                                                                                          Penyusun









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................................... i

DAFTAR ISI ..................................................................................................................... ii

RPP SK 6 KD  6.1 ............................................................................................................. 1

RPP SK 6 KD  6.2 ............................................................................................................. 16

KESAN DAN PESAN ...................................................................................................... 30

SARAN DAN SOLUSI .................................................................................................... 30


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah               : ......................................
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok                : Perubahan Benda
Kelas/Semester             : VI/2
Alokasi Waktu              : 3 x  Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi :
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda.
B.     Kompetensi Dasar :
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan.
C.    Indikator :
·         Menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan  pada benda (perkaratan, pembusukan, dll)
·         Memahami faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan.
·         Mengidentifikasi  faktor-faktor penyebab pembusukkan pada benda.
·         Memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan.
·         Menentukan jenis bahan benda sesuai  kegunaannya dalam  kehidupan sehari-hari.
D.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan  pada benda (perkaratan, pembusukan, dll) dengan baik dan benar.
2.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu memahami faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan dengan baik dan benar.
3.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu mengidentifikasi  faktor-faktor penyebab pembusukkan pada benda dengan baik dan benar.
4.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu mampu memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan dengan baik dan benar.
5.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu menentukan jenis bahan benda sesuai  kegunaannya dalam  kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
Karakter Siswa yang diharapkan :
Kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
E.     Materi Ajar :
a)      Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda
b)      Pemilihan dan Pemanfaatan Benda
F.     Metode Pembelajaran :
Ø  Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Praktek
G.    Media Pembelajaran :
·         Besi berkarat & besi yang dilapisi cat/nikel.
·         Kayu lapuk.
·         Tembok yang lapuk.
·         Tabel pengamatan
·         Gambar buah dan makanan yang telah mengalami pembusukan
·         Gambar ban mobil, cermin, mobil mainan dari kayu, mobil, setrika, kursi, lemari, dan kaca mobil
H.    Sumber Belajar :
Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI kelas VI penulis S. Rositawati dan Aris Muharam diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
I.       Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini.

·         Guru memberi salam.

·         Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·         Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya mengenai peristiwa perkaratan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai Perubahan Bendadan yang akan di bahas adalah Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda serta Pemilihan dan Pemanfaatan Benda. Adapun yang akan dibahas pada hari ini mengenai “Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda” dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan  pada benda ( perkaratan, pembusukan, dll) dan memahami faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan dengan baik dan benar.

·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.
·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
·       Siswa menyebutkan contoh peristiwa perkaratan yang mereka ketahui.
·         Siswa memperhatikan penyampaian materi dan tujuan pembelajaran.
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi





·         Elaborasi























·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa mengenai peristiwa perubahan pada benda
(Sebutkan peristiwa perubahan pada benda yang kalian ketahui!).
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang jenis-jenis perubahan benda.
·         Guru bertanya kepada siswa tentang faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda.

·         Guru memberikan penugasan kepada siswa secara berkelompok yaitu melakukan pengamatan proses pelapukan kertas.
·         Guru meminta setiap perwakilan kelompok untuk mengkomunikasikan hasil pengamatannya di depan kelas.

·         Guru bersama siswa membahas tugas dan pengamatan yang sudah dilakukan siswa.

·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa

·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Perubahan Benda”.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.




·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa menyebutkan faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda.
·         Siswa melakukan pengamatan proses pelapukan kertas secara berkelompok.
·         Perwakilan kelompok mengkomunikasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
·         Siswa bersama guru membahas tugas dan kegiatan yang sudah dilakukan.
·         Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·         Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Perubahan Benda”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya


·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini

·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai  “Faktor-faktor Penyebab Pembusukan pada Benda”.
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru




·         Siswa menjawab salam
10 Menit

Pertemuan ke-2
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi



·         Motivasi

·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·      Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya (apa saja faktor-faktor pelapukan pada benda).
·         Guru menjelaskan tentang makanan sehat
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran pada yaitu mengenai “Perubahan benda” dengan pokok bahasan antara lain “faktor-faktor penyebab perubahan pada benda serta pemilihan dan pemanfaatan benda” dan yang akan dibahas pada hari ini adalah “faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda” dengan tujuan pembelajaran adalah “agar siswa mampu Mengidentifikasi  faktor-faktor penyebab pembusukkan pada benda dan agar siswa mampu Memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan”

·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.
·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
·      Siswa menyebutkan apa saja faktor-faktor pelapukan pada benda.
·      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
·     Siswa memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi











·         Elaborasi



































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa pernahkah kalian melihat buah yang busuk?
·         Guru bertanya kepada siswa pernahkah kalian melihat makanan yang busuk?
·         Guru bertanya kepada siswa menurut kalian sebenarnya pembusukan itu apa sih?

·         Guru menjelaskan tentang apa itu  pembusukan.

·      Guru menunjukkan media pembelajaran berupa gambar buah dan makanan yang masih segar dan yang telah mengalami pembusukan.

·      Guru bertanya kepada siswa mengapa buah dan makanan ini mengalami pembusukan.

·      Guru meluruskan pendapat siswa dan menjelaskan faktor-faktor penyebab pembusukan pada buah dan makanan.
·      Guru bertanya kepada siswa bagaimana cara mencegah pembusukan
·      Guru menjelaskan cara mencegah pembusukan


·      Guru memberikan tugas Individu kepada siswa dan dikerjakan dalam waktu 15 menit


·      Guru bersama siswa membahas tugas yang telah dikerjakan oleh siswa

·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa

·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda”.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.

·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru



·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa memperhatikan media pembelajaran berupa gambar yang diperlihatkan oleh guru
·         Siswa bergantian menunjuk tangan dan menyampaikan pendapatnya
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru


·         Siswa menyampaikan pendapatnya
·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara individu dalam waktu 15 menit
·         Siswa bersama guru membahas tugas yang telah dikerjakan.
·           Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·           Guru bersama siswa bertanya  jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “faktor-faktor penyebab pembusukan pada benda”.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya


·         Salam

·      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini


·      Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Menentukan jenis bahan benda sesuai Kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari”
·      Guru mengucapkan salam kepada siswa

·           Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·           Siswa mendengarkan penyampaian guru




·         Siswa menjawab salam
10 Menit

Pertemuan ke-3
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi




·         Motivasi



·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·      Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya materi pelajaran sebelumnya (apa saja faktor penyebab pembusukkan pada benda).

·         Guru memotivasi siswa melalui penjelasan mengenai sumber daya alam
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran pada yaitu mengenai “Perubahan benda” dengan pokok bahasan antara lain “faktor-faktor penyebab perubahan pada benda serta pemilihan dan pemanfaatan benda” dan yang akan dibahas pada hari ini adalah “bahan benda sesuai  kegunaannya dalam  kehidupan sehari-hari” dengan tujuan pembelajaran adalah “agar siswa mampu menentukan jenis bahan benda sesuai  kegunaannya dalam  kehidupan sehari-hari

·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.
·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir
·      Siswa menyebutkan apa saja faktor penyebab pembusukkan pada benda.
·      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.


·     Siswa memperhatikan penyampaian materi atau tujuan pembelajaran
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi











·         Elaborasi
































·         Konfirmasi




·         Guru meminta siswa memperhatikan benda disekitarnya, kemudian guru bertanya kepada siswa tersusun atas apakah benda-benda tersebut ?
·         Guru bertanya kepada siswa mengenai benda yang dapat digolongkan ke dalam bahan umum penyusun benda.

·         Guru menjelaskan tentang bahan umum penyusun benda
·      Guru menunjukkan media pembelajaran berupa gambar ban mobil, cermin, mobil mainan dari kayu, mobil, setrika, kursi, lemari, dan kaca mobil.

·      Guru meminta siswa mencocokkan berbagai gambar sesuai dengan bahan penyusunnya.
·      Guru dan siswa mengoreksi jawaban dari tugas mencocokkan gambar


·      Guru menjelaskan pemanfaatan benda penyusun

·      Guru memberikan tugas Individu kepada siswa dan dikerjakan dalam waktu 15 menit


·      Guru bersama siswa membahas tugas yang telah dikerjakan oleh siswa

·      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa

·      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi.


·         Siswa memperhatikan benda disekitarnya dan menjawab pertanyaan guru.

·         Siswa menjawab pertanyaan guru.




·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa memperhatikan media pembelajaran berupa gambar yang diperlihatkan oleh guru
·         Siswa mengerjakan perintah guru


·         Siswa dan guru mengoreksi jawaban dari tugas mencocokkan gambar
·         Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
·         Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara individu dalam waktu 15 menit
·         Siswa bersama guru membahas tugas yang telah dikerjakan.
·           Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·           Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi.
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Pekerjaan Rumah (PR)

·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya


·         Salam

·      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini


·      Guru memberikan PR halaman 98

·      Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya.”

·      Guru mengucapkan salam kepada siswa

·           Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·           Siswa mencatat PR dari guru

·           Siswa mendengarkan penyampaian guru




·         Siswa menjawab salam
10 Menit


J.      Penilaian Hasil Belajar :

Tujuan Pembelajaran
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
1.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu menyebutkan faktor-faktor penyebab terjadinya perubahan  pada benda (perkaratan, pembusukan, dll) dengan baik dan benar.
2.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu memahami faktor-faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan dengan baik dan benar.
3.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu mengidentifikasi  faktor-faktor penyebab pembusukkan pada benda dengan baik dan benar.

4.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu mampu memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan dengan baik dan benar.




5.      Setelah mempelajari materi “Perubahan Benda”, siswa mampu menentukan jenis bahan benda sesuai  kegunaannya dalam  kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar

Tugas individu





Tugas kelompok





Tugas individu





Tugas individu








tugas individu





Essay






Essay






Pilihan ganda





Pilihan ganda








essay




Apakah persamaan dari proses pelapukan,perkaratan, dan pembusukan?




Apa yang terjadi pada kertas, apakah sama dengan kondisi kertas sebelum direndam dan sesudah direndam?



Buah mangga jika disimpan terlalu lama akan ....
a. membusuk
b. tambah segar
c. cepat masak
d. tercium harum

Sayuran yang telah busuk seharusnya dibuang. Ciri sayuran telah membusuk
adalah ....
a. masih terlihat segar
b. jika dipegang, terasa lembek atau lunak
c. warnanya masih cerah
d. tidak berbau

Mengapa paku terbuat dari logam?

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
4
3
2
1

  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.




3.
Pengetahuan





Praktek




Sikap
* Selalu Pengetahuan
* Sering Pengetahuan
* Kadang-Kadang Pengetahuan
* Jarang Pengetahuan
* Kurang Pengetahuan

* Selalu Praktek
* Sering Praktek
* Kadang-Kadang Praktek
* Jarang Praktek
* Kurang Praktek
* Selalu Sikap
* Sering Sikap
* Kadang-Kadang Sikap
*Jarang Sikap
* Kurang Sikap
5
4
3
2
1

5
4
3
2
1

  LEMBARPENILAIAN
No
NamaSiswa
Performansi
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap


CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial


                                                                                                            Jambi, November 2016

Mengetahui                                                                                        
Kepala Sekolah                                                                                               Guru



..................................                                                                          .................................. 
NIP :                                                                                                   NIP :












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah     : ......................................
Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok       : Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya
Kelas/Semester    : VI/2
Alokasi Waktu    : 3 x  Pertemuan (6 x 35 menit)

A.    Standar Kompetensi :
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda.
B.     Kompetensi Dasar :
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilahan benda/ bahan untuk tujuan tertentu. (Karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari.
C.    Indikator :
Pertemuan ke-1 dan ke-2 :
·         Mengidentifikasi struktur dan sifat bahan.
Pertemuan Ke-3 :
·         Mendeskripsikan & mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis
D.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan ke-1 :
·         Setelah mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa mampu mengidentifikasi struktur dan sifat bahan dengan baik dan benar.
Pertemuan ke-2 :
·         Setelah mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa mampu menunjukkan pemanfaatan bahan menurut sifatnya dengan baik dan benar.
Pertemuan ke-3 :
·         Setelah mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa mampu menguraikan & mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis dengan baik dan benar.
Karakter Siswa yang diharapkan :
·         Religius, jujur, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan tanggung jawab.
E.     Materi Ajar :
Pertemuan ke-1 :
·         Sifat-sifat Benda atau Bahan :
1. Karet 2. Logam 3. Kayu 4. Plastik
Pertemuan ke-2 :
·         Pemanfaatan Bahan menurut Sifatnya :
1. Karet 2. Logam 3. Kayu 4. Plastik
Pertemuan ke-3 :
·         Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Benda :
1. Suhu 2. Kelembapan 3. Kuman dan mikroba 4. Serangga 5. Kadar garam 6. Keasaman
F.     Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, pemberian tugas, eksperimen, demonstrasi.
G.    Media Pembelajaran :
·         Karet gelang
·         Uang logam
·         Kantong plastik
·         Botol air mineral
·         Penghapus
·         Balon
·         Mainan kayu
H.    Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan ke-1
Langkah-Langkah pembelajaran :
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi




·         Motivasi




·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini.

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·         Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya mengenai macam-macam perubahan yang terjadi pada benda


·         Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Balonku” untuk menambah semangat siswa dalam belajar
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya” yang terdiri dari sifat-sifat benda atau bahan, pemanfaatan bahan menurut sifatnya, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda. Adapun yang akan dibahas pada hari ini mengenai “sifat-sifat benda atau bahan dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu mengidentifikasi struktur dan sifat bahan dengan baik dan benar.

·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.
·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir.
·       Siswa menyebutkan macam-macam perubahan yang terjadi pada benda yang mereka ketahui
·       Siswa menyanyikan lagu “Balonku” dengan semangat


·       Siswa memperhatikan penyampaian materi dan tujuan pembelajaran.
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi






·         Elaborasi
































·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa mengenai apa saja benda-benda yang ada dikelas.
·         Guru bertanya terbuat dari apa benda-benda tersebut.

·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang bahan dan sifatnya
·         Guru membentuk kelompok kecil siswa yang terdiri dari 5 orang siswa dan memberikan karet gelang, uang logam, kantong plastik, botol air mineral, penghapus, mainan kayu dan balon. Kemudian guru meminta tiap kelompok mencatat benda tersebut terbuat dari bahan apa dan bagaimana sifat-sifat benda tersebut
·         Guru meminta tiap perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusinya
·         Guru menjelaskan secara rinci kepada siswa tentang sifat dari bahan kayu, logam, plastik dan karet
·         Guru memberi latihan soal kepada siswa
·         Guru dan siswa membahas soal yang telah dikerjakan siswa

·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa melaksanakan instruksi dari guru











·         Perwakilan kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.

·         Siswa mengerjakan soal
·         Siswa bersama guru membahas soal yang sudah dikerjakan.

·         Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·         Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya
·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini


·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru


Siswa menjawab salam
10 Menit
Pertemuan ke-2
Langkah-Langkah pembelajaran :

Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi


·         Motivasi





·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini.

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·      Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya mengenai sifat bahan.

·         Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Bermain Layang - Layang” untuk menambah semangat siswa dalam belajar
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya” yang terdiri dari sifat-sifat benda atau bahan, pemanfaatan bahan menurut sifatnya, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda. Adapun yang akan dibahas pada hari ini mengenai “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya” dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menunjukkan pemanfaatan bahan menurut sifatnya dengan baik dan benar.

·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.
·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir.
·       Siswa menyebutkan sifat bahan yang mereka ketahui
·       Siswa menyanyikan lagu “Bermain Layang - Layang” dengan semangat


·       Siswa memperhatikan penyampaian materi dan tujuan pembelajaran.
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi






·         Elaborasi



















·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa mengenai apa saja benda-benda yang ada dikelas.
·         Guru bertanya terbuat dari apa benda-benda tersebut.

·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang bahan yang dapat dibuat menjadi benda yang dapat digunakan.
·         Guru menginstruksikan tiap siswa untuk mencatat benda apa saja yang terbuat dari karet, kayu, logam, dan plastik yang ada disekitar sekolah dengan membuat tabel.
·         Guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan hasil yang didapat.
·         Guru memberikan postest untuk dikerjakan siswa
·         Guru dan siswa membahas postest yang telah dikerjakan siswa

·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.

·         Siswa melaksanakan instruksi dari guru





·         Siswa menyampaikan hasil diskusi
·         Siswa mengerjakan soal
·         Siswa bersama guru membahas postest yang sudah dikerjakan.
·         Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·         Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya

·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini


·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Benda”
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru


·         Siswa menjawab salam
10 Menit


Pertemuan ke-3
Langkah-Langkah pembelajaran :
Kegiatan
Guru
Siswa
Alokasi Waktu
1. Pendahuluan
·         Salam

·         Doa

·         Absen



·         Apersepsi



·         Motivasi





·         Penyampaian topik dan tujuan pembelajaran hari ini.

·      Guru memberi salam.

·      Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.
·      Guru mengabsen kehadiran siswa.


·         Guru bertanya mengenai pemanfaatan bahan menurut sifatnya

·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang pentingnya menjaga benda di sekeliling kita.
·         Guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya” yang terdiri dari sifat-sifat benda atau bahan, pemanfaatan bahan menurut sifatnya, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda. Adapun yang akan dibahas pada hari ini mengenai “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Benda” dengan tujuan pembelajaran agar siswa mampu menguraikan & mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis dengan baik dan benar.

·       Siswa menjawab salam.
·       Salah satu siswa memimpin doa.
·       Siswa menjawab absen dari guru dan menyebutkan siswa yang tidak hadir.
·       Siswa menyebutkan pemanfaatan bahan menurut sifatnya yang mereka ketahui
·       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru


·       Siswa memperhatikan penyampaian materi dan tujuan pembelajaran.
10 Menit
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi








·         Elaborasi






























·         Konfirmasi




·         Guru bertanya kepada siswa mengenai benda apa disekitar yang mudah lapuk, busuk dan berkarat.
·         Guru bertanya mengapa benda tersebut dapat berubah


·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang perubahan benda
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan benda melalui gambar yang ditampilkan pada infocus.
·         Guru membentuk sebuah kelompok kecil (3-4 orang) dan memberikan intruksi :
Carilah benda-benda di sekelilingmu yang mengalami perubahan. Setelah kalian menemukan benda-benda tersebut, cobalah untuk mengamati dan memperkirakan apa yang menyebabkan benda-benda tersebut berubah!
·         Guru meminta perwakilan kelompok siswa untuk menyampaikan hasil diskusi.
·         Guru memberikan postest untuk dikerjakan siswa
·         Guru dan siswa membahas postest yang telah dikerjakan siswa

·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


·         Siswa menjawab pertanyaan guru sesuai yang diketahui.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru.
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru dan memperhatikan gambar yang ditampilkan
·         Siswa melaksanakan instruksi dari guru










·         Siswa perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
·         Siswa mengerjakan postest
·         Siswa bersama guru membahas postest yang sudah dikerjakan.
·         Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum diketahuinya.
·         Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman mengenai materi “Pemanfaatan Bahan Menurut Sifatnya”
50 Menit
3.Penutup
·         Menyimpulkan materi



·         Penyampaian topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya
·         Salam

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini


·         Guru menyampaikan topik pelajaran untuk pertemuan selanjutnya yaitu mengenai Gaya dan Gerak

·         Guru mengucapkan salam kepada siswa

·         Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan  materi pelajaran hari ini
·         Siswa mendengarkan penyampaian guru


·         Siswa menjawab salam
10 Menit


I.       Sumber Belajar :
Buku Sekolah Elektronik (BSE) Ilmu Pengetahuan Alam 6 untuk SD/MI kelas 6. Penulis Pama dan Leyn Surono. Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
J.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
·         Setelah mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa mampu mengidentifikasi struktur dan sifat bahan dengan baik dan benar.
·         Setelah mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa mampu menunjukkan pemanfaatan bahan menurut sifatnya dengan baik dan benar.
·         Setelah mempelajari materi “Struktur dan sifat bahan/benda dan pemanfaatannya”, siswa mampu menguraikan & mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis dengan baik dan benar.

Tugas individu







Tugas individu








Tugas Kelompok
Soal Essay








Pilihan Ganda









Essay
·         Alat-alat listrik, seperti kabel dan stop kontak dilapisi plastik. Menurutmu,apa alasan penggunaan plastik pada alat listrik tersebut?






·         Karet dipilih sebagai bahan pembuat jok karena ... .
a. lentur/elastis
b. penghantar listrik yang baik
c. penghantar listrik yang buruk
d. ringan dan mudah dibentuk





·         Carilah benda-benda di sekelilingmu yang mengalami perubahan. Setelah kalian menemukan benda-benda tersebut, cobalah untuk mengamati dan memperkirakan apa yang menyebabkan benda-benda tersebut berubah!

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* Semua Benar
* Sebagian Besar Benar
* Sebagian Kecil Benar
* Semua Salah
4
3
2
1

  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.





2.




3.
Pengetahuan





Praktek




Sikap
* Selalu Pengetahuan
* Sering Pengetahuan
* Kadang-Kadang Pengetahuan
* Jarang Pengetahuan
* Kurang Pengetahuan

* Selalu Praktek
* Sering Praktek
* Kadang-Kadang Praktek
* Jarang Praktek
* Kurang Praktek
* Selalu Sikap
* Sering Sikap
* Kadang-Kadang Sikap
*Jarang Sikap
* Kurang Sikap
5
4
3
2
1

5
4
3
2
1

  LEMBARPENILAIAN
No
NamaSiswa
Performansi
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap


CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial


                                                                                                            Jambi, November 2016

Mengetahui                                                                                        
Kepala Sekolah                                                                                               Guru



..................................                                                                          .................................. 
NIP :                                                                                                   NIP



KESAN DAN PESAN

Hal pertama yang dicari ketika mendapat bagian mengerjakan rpp kelas 6 adalah melihat berapa jumlah jam pelajaran. Ketika tahu jumlah JP adalah 12 maka rasanya sedikit lega karena 6 JP telah dikerjakan saat membuat RPP kelompok, dan ini berarti tinggal 6 JP yang harus dibuat dari awal. 3 pertemuan tersebut terdapat dalam 1 KD sehingga meringankan pekerjaan.
Awal mengerjakan dari judul hingga pertemuan pertama cukup memakan waktu lama karena harus mencocokkan silabus dengan buku, menentukan pertemuan berdasarkan indikator serta kegiatan inti yang harus mencapai tujuan pembelajaran. Baru kemudian saat mengerjakan pertemuan ke-2 dan ke-3 mulai terbiasa untuk berpikir dan tangan juga terbiasa untuk mengetik. Dan dalam sehari untungnya ke-3 pertemuan telah diselesaikan dan dapat memperbaiki untuk 3 pertemuan yang dikerjakan kelompok.

SARAN DAN SOLUSI

Ketika akan membuat rpp hal yang harus dipersiapkan diawal yaitu adalah silabus dan buku pelajaran. Antara silabus dengan buku harus ada kesesuaian, maka dari itu carilah buku yang paling sesuai dengan silabus. Kemudian lihat Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan dikerjakan, jam pelajaran untuk menentukan jumlah pertemuan dan indikator disesuaikan dengan jumlah pertemuan. Buat media pembelajaran yang menarik namun tidak mengeluarkan banyak biaya. Dan yang terakhir adalah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran mulai dari judul, identitas, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, sampai dengan tanda tangan guru dan kepala sekolah.


1 komentar:

  1. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
    Find your 김제 출장안마 way around 안성 출장마사지 the casino, find where everything is located 의정부 출장안마 with your mouse! Save time and money, read customer reviews 의왕 출장샵 and 고양 출장마사지 compare customer

    BalasHapus